Razia beras plastik, petugas temukan beras poles berformalin

Razia beras plastik, petugas temukan beras poles berformalin
Ilustrasi. ©2015 merdeka.com/imam buhori
PERISTIWA | 1 Juni 2015 12:26 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Polres Purworejo menggelar razia gabungan dugaan beras plastik di pusat grosir beras di Teteg Sepur Kutoarjo, Pasar Kutoarjo, serta Pasar Suronegaran. Hasilnya tidak ditemukan adanya peredaran beras plastik. Tetapi polisi mendapatkan beras poles diduga berformalin.

"Operasi ini tidak hanya untuk seremonial saja, tapi akan kita gelar secara rutin sehingga masyarakat tidak diliputi kekhawatiran," kata Kapolres Purworejo AKBP TH Arsida Septiana melalui Kasatreskrim AKP Andis Arfan T, Senin (1/6).

Sementara itu, petugas pengawas mutu hasil pertanian DPPKP Purworejo Medi Susilo mengatakan beras poles yang dijual di Purworejo bukan produksi penggilingan setempat, namun berasal dari luar kota. Diduga pengusaha penggilingan menggunakan bahan kimia seperti formalin dan kaporit.

Petugas lantas mengambil sampel beras poles yang diduga mengandung kimia, untuk dilakukan pengecekan ke laboratorium.

Dalam razia gabungan, petugas memanfaatkan alat pembesar dan gelas berair untuk menguji beras apakah asli atau berbahan plastik. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami