Razia Lapas Purwakarta, Pisau Dapur Hingga Obeng Disita

PERISTIWA | 14 Desember 2019 23:35 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Sejumlah benda terlarang disita petugas dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Purwakarta saat digelarnya razia oleh Polres Purwakarta dan petugas Lapas, Sabtu (14/12). Benda benda terlarang tersebut antara lain seperti Handphone, pisau dapur, pisau cutter, sendok stainless, obeng, paku, gunting dan sejumlah benda lain yang tidak semestinya berada di dalam sebuah Lapas.

"Razia ini sebetulnya sudah menjadi agenda rutin dan hasilnya tadi kita temukan beberapa barang yang dilarang atau masuk ke dalam blok tahanan dan barang tersebut kita sita untuk nantinya kita musnahkan" kata Kalapas Kelas IIB Purwakarta, Suprapto, usai razia.

Suprapto menyebut, kendati barang- barang terlarang tersebut tidak digunakan, namun benda tersebut dinilai berpotensi membahayakan dan bisa memicu terjadinya kriminalitas.

"Seperti pisau, gunting, itu jenis senjata tajam yang bisa saja digunakan penghuni lapas dan itu sangat berbahaya. Belum lagi seperti Hp, bisa saja digunakan penghuni Lapas untuk melakukan hal- hal terlarang dari dalam Lapas melalui komunikasinya. Untuk itu kita selalu waspada dan antisipasi" terang Suprapto.

Sementara dari ratusan penghuni Lapas yang di tes urine oleh anggota Satres Narkoba Polres Purwakarta, menunjukkan hasil negatif.

Meski begitu, razia dan tes urine tersebut akan terus dilakukan untuk menjaga kondusifitas dan penghuni Lapas bebas dari peredaran Narkoba.

"Alhamdulillah dari hasil tes urine hasilnya Negatif, tapi razia ini akan terus kita lakukan secara rutin dan selalu bekerjasama dengan jajaran Polres Purwakarta untuk menjaga kondusifitas Lapas," pungkasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Ditahan di Lapas Aceh Jaya, Mantan Ketua DPRK Nagan Raya Ketahuan Pelesiran
Terjaring Razia, Puluhan Ponsel Milik Tahanan Lapas Sukamiskin Dihancurkan
Ombudsman Berencana Sidak ke Rutan dan Lapas
Di Kantor Ombudsman, Pimpinan KPK Jelaskan Alasan Penolakan Sidak Rutan
Cegah Peredaran Narkoba di Lapas, 500 Ponsel Napi Medaeng Dimusnahkan

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.