Rekannya Diperiksa Korupsi Dana Desa, Kades di Kapuas Hulu Resah dan Ingin Mundur

Rekannya Diperiksa Korupsi Dana Desa, Kades di Kapuas Hulu Resah dan Ingin Mundur
PERISTIWA | 21 Agustus 2020 15:02 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Yusuf Basuki memberikan tanggapan positif atas pemeriksaan yang dilakukan polisi terhadap kepala Desa Tekalong, terkait penggunaan dana desa. Meski begitu dia mengungkapkan ada sejumlah kades yang resah.

"Kami memberikan apresiasi terhadap penegak hukum atas upaya yang dilakukan," katanya kepada Antara, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (21/8).

Namun menurut dia, persoalan Kades Tekalong itu membuat kepala desa di Kapuas Hulu cukup resah, bahkan para kepala desa ada yang ingin mengundurkan diri dan itu disampaikan melalui Apdesi.

Dia mengatakan, meskipun persoalan Kades Tekalong tersebut masih dugaan dalam tindak pidana korupsi dana desa, tetapi hal tersebut membuat kepala desa di Kapuas Hulu tidak konsentrasi dalam pelayanan publik di desa karena dihantui ketakutan dilaporkan dalam pengelolaan dana desa.

Menurut dia, tidak semua masyarakat paham mekanisme dan sistem pengelolaan dana desa dan dengan mudahnya melaporkan kepala desanya kepada pihak aparat penegak hukum, karena dianggap melakukan penyalahgunaan dalam pengelolaan dana desa.

Padahal kata Basuki, dalam pengawasan itu ada BPD di desa, kemudian di periksa juga oleh inspektorat dan pengawas lainnya, jadi tidak seharusnya masyarakat atau pun BPD langsung melapor kepada aparat penegak hukum.

"Kades - kades sekarang ini ketakutan, takut dilaporkan meskipun tidak mesti korupsi dana desa, mereka ada yang mau mengundurkan diri," ucap Basuki.

Selain itu, ketua Apdesi itu juga mengeluhkan banyak regulasi atau aturan yang berubah-ubah, bahkan saat ini masa pandemi COVID-19, sehingga menyulitkan kepala desa, ada Pemendagri, Permendes dan banyak lagi aturan belum sepenuhnya di pahami aturan kembali berubah.

Baca Selanjutnya: Terkait persoalan Kades Tekalong kata...

Halaman

(mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami