Rektor USU Positif Covid-19, Ratusan yang Pernah Kontak Erat Jalani Tes Swab

Rektor USU Positif Covid-19, Ratusan yang Pernah Kontak Erat Jalani Tes Swab
PERISTIWA | 13 Juli 2020 15:51 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Ratusan civitas akademika dan pegawai USU serta warga menjalani pengambilan sampel swab di RS Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Senin (13/7). Mereka menjalani pemeriksaan karena pernah kontak erat dalam 14 hari terakhir dengan Rektor USU Runtung Sitepu yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19.

Pengambilan swab tenggorok dan hidung dilakukan di bilik yang disiapkan di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS USU, Jalan Dr Mansyur, Medan. Selanjutnya sampel diperiksa dia Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR).

Orang yang diambil sampel swab-nya didasarkan pada tracing yang dilakukan pihak USU terhadap pihak-pihak yang kontak erat dengan Runtung Sitepu.

"Pada hari ini kebetulan seperti berita sebelumnya bahwa pimpinan kita di USU positif, kita lakukan tracing internal. Kita anjurkan yang bersangkutan melakukan pemeriksaan. Mereka-mereka datang ke RS USU kita screening kembali, untuk memastikan bahwa tracing dilakukan benar. Intinya supaya efektif dan efisien," kata Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS USU, Riyadh Ikhsan.

Dia menjelaskan kontak erat ini yakni yang sempat berdekatan dengan orang yang terkonfirmasi Covid-19 positif, tanpa mengenakan masker. "Atau berjumpa intens satu ruangan dengan sirkulasi udara kurang baik," jelas Riyadh.

1 dari 1 halaman

Selain para pejabat dan pegawai di Biro Rektor USU, orang yang diambil sampel swab-nya termasuk sejumlah tokoh masyarakat yang kontak erat dengan Rektor USU saat peninjauan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai tes masuk ke perguruan tinggi 5 Juli 2020 lalu. Wartawan yang turut meliput kegiatan itu juga ikut menjalani tes.

"Ada 20-an wartawan yang ikut. Saya memberanikan diri untuk ikut tes. Ini untuk menjaga-jaga. Memang saya tidak ada bersentuhan (dengan Runtung Sitepu), memakai masker, tapi kita kan enggak tahu, mudah-mudahan hasilnya negatif," kata Juli Simanjuntak, seorang jurnalis yang diambil sampel swabnya.

Orang yang telah diambil swab-nya harus menjalani isolasi mandiri. Hasil pemeriksaan baru diketahui malam ini atau besok pagi. Jika nantinya yang menjalani tes terkonfirmasi positif Covid-19, pihak USU akan kembali melakukan tracing. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona.

Seperti diberitakan, Prof Runtung Sitepu terkonfirmasi positif Covid-19, setelah pihak USU melakukan tracing terhadap kontak erat Wakil Rektor I USU Prof Rosmiyati. Sebelumnya dia juga diketahui positif Covid-19 setelah tracing terhadap kontak erat suaminya, yang juga anggota Majelis Wali Amanat USU, Prof Darma Bakti, yang lebih dulu terkonfirmasi positif Covid-19. (mdk/ray)

Baca juga:
Update Covid-19 Nasional 13 Juli: Bertambah 1.282, Total Tembus 76.981 Kasus Positif
Pedagang Positif Covid-19 Meninggal, Pasar Harjodaksino Solo Ditutup Sementara
Alasan Program Pelatihan Kartu Prakerja Tak Diperlukan Selama Ada Pandemi
DPRD Minta Pemprov DKI Berani Perketat PSBB Jika Kasus Covid-19 Melonjak
41 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Cempaka Putih Ditutup

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami