Relawan Projo Siap Kawal Pelantikan Presiden Jokowi

PERISTIWA | 4 Oktober 2019 23:17 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - DPP Ormas Projo siap menerima apapun keputusan MPR mengenai waktu dan tanggal pelantikan Presiden dan Wapres RI periode 2019-2024. Awalnya mereka mengusulkan agar pelantikan dimajukan pada Sabtu (19/10) mendatang.

"Kami menghormati keputusan MPR. Presiden Jokowi kan sudah tegaskan tunduk pada konstitusi dan aturan ketatanegaraan. Kami juga menghormati dan tunduk pada keputusan MPR mengenai tanggal pelantikan," kata Ketua Umum Ormas Projo Budi Arie Setiadi di Jakarta, Jumat (4/10).

Dia mengungkapkan, seluruh warga negara harus tunduk pada konstitusi. Sehingga, Budi mengingatkan, kepada pihak yang ingin menggagalkan pelantikan Jokowi untuk siap menghadapi perlawanan dan kemarahan rakyat.

"Menggagalkan pelantikan pemimpin yang lahir dari proses demokrasi sama saja merampas suara rakyat dan menghancurkan demokrasi itu sendiri," tegas mantan Aktivis 98 itu.

Budi mengungkapkan, pelantikan presiden rencananya akan dihelat pada Minggu 20 Oktober 2019 mendatang.

"Bagi kami soal tanggal tidak terlalu penting. Kita ikut dan tunduk pada keputusan konstitusional. Jangankan tanggal 20 Oktober 2019. Besok pun jika diperintahkan kami siap," tutupnya.

Baca juga:
VIDEO: Salat Jumat di Istana Wapres, Ma'ruf Amin Dapat PR Dari Jusuf Kalla
Sosialisasi Penyesuaian Tarif Tol akan Dilakukan Usai Jokowi Dilantik
Ma'ruf Amin Siap Dilantik 20 Oktober
Wiranto Tak Masalah Jelang Pelantikan Presiden Banyak Demo
Jokowi Soal Usul Percepatan Pelantikan: Yang Punya Kerja Itu MPR, Jangan Tanya Saya
Istana: Pelantikan Presiden Tetap 20 Oktober, Tidak Boleh Maju Sehari

(mdk/fik)