Relawan: Tenaga Medis Covid-19 Sudah Kelelahan, Jumlahnya Mulai Habis

Relawan: Tenaga Medis Covid-19 Sudah Kelelahan, Jumlahnya Mulai Habis
PERISTIWA | 21 September 2020 17:12 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Kepala Bidang Koordinaator Relawan Medis Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Jossep F William, mengatakan, banyak tenaga medis serta relawan yang kelelahan karena harus selalu siap siaga menangani pasien Covid-19. Jossep mengatakan, jumlah tenaga medis terus berkurang, bahkan mulai habis.

"Banyak tenaga medis yang kelelahan. Mereka harus selalu disiagakan dalam memberikan pelayanan pasien. Jumlah tenaga medis jadi berkurang bahkan mulai habis,"ujar Jossep dalam diskusi BNPB, Senin (21/9).

Jossep menyebutkan, saat ini jumlah perawat dan bidan masih cukup tersedia, yakni sekitar 2.000 orang. Namun, jumlah ketersediaan dokter berkurang.

Menurutnya, salah satu opsi mengatasi kekurangan jumlah dokter yang harus ditempuh Satgas adalah dengan menambah jumlah dokter internship. Namun, mereka juga harus tetap didampingi dokter yang sudah berpengalaman.

Oleh karena itu, ia mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan organisasi profesi, baik dokter maupun perawat agar bisa menambah jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang dikirim untuk penanganan pasien Covid-19.

“Kami Bekerja sama dengan Organisasi profesi seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan lainnya untuk menyiapkan tenaga yang dibutuhkan di RS darurat,” katanya.

Baca Selanjutnya: Selain itu ia bukan hanya...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami