Resmikan Bendungan Sindang Heula Banten, Jokowi Sebut Bermanfaat Kendalikan Banjir

Resmikan Bendungan Sindang Heula Banten, Jokowi Sebut Bermanfaat Kendalikan Banjir
Jokowi Bertolak ke Banten untuk Resmikan Bendungan Sindang. ©2021 Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
PERISTIWA | 4 Maret 2021 14:24 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindang Heula, Kab Serang, Banten. Jokowi yakin dengan adanya bendungan tersebut bisa mengendalikan banjir yang ada di kawasan tersebut.

"Bendungan ini bermanfaat untuk pengendalian banjir, dengan mengurangi banjir 50 meter kubik per detik, dari meluapnya sungai Ciujung dan Sungai Cidurian, yang sering menggenangi daerah Kabupaten Serang dan sekitarnya," kata Jokowi di Serang, Banten, Kamis (4/3).

Dia juga mengatakan bendungan tersebut berfungsi untuk membangkitkan tenaga listik menghasilkan 0,40 megaWatt. Sehingga kata Jokowi bisa dimanfaatkan untuk warga Banten.

"Kita tidak ingin dengan energi fosil, untuk konservasi dan pariwisata harus kita jaga, sehingga air waduk semakin tahun semakin tahun bisa naik dan bisa digunakan dan tentu saja ini masuk juga bisa jadi destinasi wisata baru di provinsi banten, dan bisa di luar Banten," kata Jokowi.

Sebagai informasi, pengerjaan proyek Bendungan Sindang Heula telah dimulai sejak 2015 hingga Desember 2018. Konstruksinya dikerjakan oleh PT PP dan PT Hutama Karya (Persero) dengan biaya sekitar Rp 458 miliar.

Secara fungsi, Hari melanjutkan, Bendungan Sindangheula nantinya akan berfungsi menyediakan suplai irigasi untuk sekitar 1.200 ha. Selain itu, waduk ini juga dapat menyalurkan air baku sebesar 800 liter per detik kepada tiga kabupaten/kota.

Baca Selanjutnya: Tingkatkan Produktivitas Para Petani...

Halaman

(mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami