Resmikan Embung Sumingkir, Puan Minta Ada Joging Track dan Spot Foto

Resmikan Embung Sumingkir, Puan Minta Ada Joging Track dan Spot Foto
Puan Maharani. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 7 Juli 2022 01:05 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Embung Sumingkir, di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (6/7). Puan meminta kepada pemerintah daerah setempat menyediakan spot foto dan jogging track bagi masyarakat di sekitar Embung Sumingkir.

Puan ingin Embung Sumingkir menjadi ikon tempat wisata yang bisa dikunjungi. Sehingga, masyarakat bisa piknik dengan senang.

"Dibikin joging tracknya, saya minta ada tempat spot foto kalau datang ke sini. Nanti coba Pemda dicari misalnya spot enggak hanya ke embung ke gunung atau ke sawah. Biar masyarakat bisa piknik," kata Puan di Embung Sumingkir, Rabu (6/7).

Ketua DPP PDI Perjuangan ini menyebut, Embung Sumingkir sangat memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar. Terlebih, mayoritas penduduk di sana bekerja sebagai petani.

"Embung sumingkir sangat bermanfaat di wilayah Cilacap karena dengan adanya embung suplai irigasi yang dibutuhkan akan menguatkan sektor pertanian kita apalagi di desa Sumingkir sebagian besar mata pencariannya petani," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Ketua DPP PDI Perjuangan ini optimis Embung ini bisa menjaga kedaulatan dan ketahanan pangan untuk desa Sumingkir.

"Dan apa yang kita hasilkan ini memang bisa bermanfaat secara maksimal agar desa Sumingkir, Kabupaten Cilacap menjaga kedaulatan dan ketahanan pangan di Indonesia," harap Puan.

Sekedar informasi, Embung Sumingkir dibangun oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada April sampai Desember 2021. Biaya pembangunan Embung Sumingkir sebesar Rp 14 miliar. Embung Sumingkir mempunyai luas sebesar 1,16 hektar dengan daya tampung air 32.425 meter persegi.

Manfaat dari Embung Sumingkir adalah bisa mengirigasi sawah mencapai 50 hektar. Intens tanaman 105 sampai 215 persen. (mdk/eko)

Baca juga:
Resmikan Kawasan Jalan Soekarno, Puan Sempat Bingung Nama 'Madhang Maning Park'
Cerita Puan Hujan Deras Langsung Berhenti saat Tiba di Makam Bung Karno
Puan ke Pedagang Pasar Banyumas: Jangan Karena Kita Datang Bersih, Besok Kotor Lagi
Ketua Fraksi PDIP: Puan Punya Kalkulasi Soal Kerjasama Politik Pemilu 2024
Puan Borong Telor Asin di Brebes: Buat Tambahan Lauk Makan Nanti
Cerita Puan Maharani Mandi Pakai Jamu Brotowali untuk Hilangkan Gatal Saat Hamil

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini