Ribuan Pegawai Pemkab Bekasi Mulai Disuntik Vaksin Covid 19

Ribuan Pegawai Pemkab Bekasi Mulai Disuntik Vaksin Covid 19
Vaksinasi Covid-19 untuk atlet. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
NEWS | 1 Maret 2021 18:14 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Sebanyak 4.522 pegawai Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai divaksinasi Covid 19, Senin (1/3). Mereka yang mendapatkan prioritas adalah tenaga pelayan publik dari berbagai instansi pemerintah.

"Saya berharap ASN (aparatur sipil negara), dapat melindungi diri sendiri dan keluarga serta masyarakat, agar terhindar dari virus Covid-19," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju usai menerima vaksin di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (1/3).

Uju adalah orang pertama disuntik vaksin Sinovac buatan China di lingkungan pegawai pemerintah daerah. Vaksinasi massal pegawai baik berstatus ASN dan non-ASN berlangsung selama dua hari atau sampai besok.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Sri Enny Mainiarti mengatakan, pegawai pelayan publik menjadi prioritas karena rentan tertular virus. Pasalnya, mereka banyak interaksi dengan masyarakat di lapangan. Seperti anggota Satpol PP, BPBD, Bappeda, layanan Kependudukan dan lainnya.

"Selama ini tenaga pelayanan publik banyak berinteraksi dengan masyarakat," katanya.

Selain petugas pelayan publik di lingkungan pemerintah, vaksinasi massal non tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi mulai menyasar pegawai dari instansi vertikal yang juga rentan terpapar, seperti TNI dan Polri.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah menyebutkan, jumlah pelayan publik yang terdata di Kabupaten Bekasi 200 ribu orang. Mereka terdiri dari guru sekolah hingga pedagang di pasar. Namun alokasi vaksin yang diterima bari 22.460 dosis.

"Untuk guru rencananya mungkin minggu depan, tergantung alokasi vaksin yang kita dapatkan. Untuk tempatnya nanti di Puskesmas wilayah masing-masing atau bisa juga di sekolah," ucap Alamsyah.

Baca juga:
Warga Pekanbaru Mengantuk Usai Divaksinasi Covid-19, Dinkes Sebut Jangan Khawatir
Menteri Kesehatan Ekuador Mundur Usai Ketahuan Dapat Vaksin Lebih Dulu Bersama Ibunya
Israel akan Vaksin Warga Palestina dengan Syarat Punya Izin Kerja di Permukiman Yahud
Pegawai Mall Ikuti Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua
Anggota DPR Beri Catatan Kinerja 1 Tahun Pengendalian Covid-19
3.200 Pelaku UMKM di Tangerang Mulai Disuntik Vaksin Covid-19
25.000 Pelayan Publik Kota Bogor Disuntik Vaksin Tahap Kedua

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami