Ridwan Kamil Gelontorkan Rp21,6 Miliar untuk Revitalisasi Situ Rawa Kalong

Ridwan Kamil Gelontorkan Rp21,6 Miliar untuk Revitalisasi Situ Rawa Kalong
Ridwan Kamil di Cicadas. ©2014 Merdeka.com
NEWS | 5 Agustus 2022 22:30 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat merevitalisasi Situ Rawa Kalong yang ada di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok. Situ seluas 8,25 hektar itu dilengkapi sebuah panggung terapung yang terletak di tengah.

Untuk menuju ke panggung tersebut, terdapat jembatan apung yang bisa dilalui dari dua area masuk, yakni sisi selatan dan sisi utara dari Situ Rawa Kalong.

Situ Rawa Kalong direvitalisasi dari anggaran yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan total anggaran sebesar Rp21,6 miliar dengan pengerjaan dibagi menjadi tiga tahun yakni mulai 2019, 2021, dan 2022.

Anggaran tersebut terbagi berdasarkan tahun pengerjaan yaitu Rp3,7 miliar pada tahun 2019, Rp15 miliar 2021, dan Rp2,9 miliar 2022.

"Gubernur kali ini begitu sayang sama Kota Depok. Revitalisasi ini diharapkan bisa jadi multifungsi, selain penyedia air baku juga bisa jadi lokasi wisata agar warganya bahagia," kata Ridwan Kamil, Jumat (5/8).

Dari dana Rp21,6 miliar itu digunakan untuk pengerukan Situ Rawa Kalong, penataan sempadan, perbaikan toilet, aula, dan fasilitas umum penunjang. Untuk sementara, pengelolaan Situ Rawa Kalong ada di bawah Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat.

Situ Rawa Kalong merupakan salah satu bagian dari 130-an situ yang dialiri Sungai Cisadane. "Dengan revitalisasi ini, bisa melakukan konservasi situ lebih baik lagi. Dengan kegiatan ini sejalan dengan pemulihan ekonomi akibat terdampak Covid-19 dan juga untuk pengembangan wisata," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Ada dua fungsi Situ Rawakalong setelah direvitalisasi, yakni fungsi ekologi dan fungsi sosial. Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air meyakini Situ Rawakalong yang diyakni mampu menjadi destinasi wisata unggulan yang berbasis wisata air.

Fungsi Situ juga sebagai sarana irigasi dan penampungan air. Untuk itu, Pemprov Jabar terus melakukan upaya untuk kelestarian dan kualitas air tanpa limbah. “

"Pemprov Jabar melalui program revitalisasi ini sebagai bentuk konservasi sekaligus pengamanan aset, situ-situ yang ada di wilayah sungai Cisadane. Di depok salah satunya, di samping mengembangkan destinasi wisata," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dicky Achmad Sidik.

Dikatakan, Situ Rawa Kalong memiliki pesona keindahan alam. Selain itu, situ tersebut juga memiliki fungsi yang lebih optimal dalam menjaga kelestarian dan penampungan air untuk penunjang sektor pertanian.

Dulunya, kawasan tersebut hanya digunakan warga untuk memancing ikan. Kini, kawasan tersebut bisa mendongkrak sektor pariwisata, ekonomi rakyat, hingga kelestarian budaya.

Penataan kembali Situ Rawakalong ditujukan untuk mengembalikan fungsi pariwisata yang mulai berubah karena banyaknya pergantian fungsi yang ada disekitar kawasan.

"Setelah revitalisasi, masyarakat sekitar bisa memanfaatkan kawasan Situ Rawakalong sebagai destinasi wisata unggulan yang akan berdampak positif terhadap sektor pariwisata, ekonomi, sosial, hingga budaya," ujarnya.

Kawasan tersebut kini memiliki kubus apung yang ikonik dan bisa digunakan untuk Walkway di atas air. Tidak hanya itu, Situ Rawakalong sudah dilengkapi beberapa fasilitas lainya seperti Menara Air, Taman Lansia, Pembangunan Toilet, Pengerukan Sedimen dan Perbaikan Tanggul, Gedung Aula, retail kiosk, pagar pembatas, Lanskap (Pedestrian Path) hingga Vertical Garden.

Situ Rawa Kalong yang sebelumnya nampak kotor dan kurang terurus, kini mulai berubah menjadi kawasan yang memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata unggulan yang berbasis wisata air.

Beberapa spot di Situ Rawa Kalong sangat instagramable dan ikonik, mulai dari terdapatnya Kubus Apung, Jembatan Penghubung Kubus Apung (Floating Deck), hingga kawasan pinggiran Situ Rawakalong yang lebih tertata.

"Masyarakat akan lebih nyaman ketika berkunjung ke tempat tersebut. Semakin tingginya kunjungan wisatawan lokal maupun luar, ekonomi masyarakat di sekitar kawasan bisa meningkat," pungkasnya. (mdk/tin)

Baca juga:
Ridwan Kamil Harap Media Kurangi Politik Identitas, Fokus Narasi Persatukan NKRI
Ridwan Kamil soal Capres 2024: Kalau Ada Takdirnya, Bismillah
Gaya Ridwan Kamil dan Bonge di Atas Panggung Apung
Ridwan Kamil Jalan Kaki Ketemu Lukisan Diri Sendiri, Dibeli Pelukisnya Ogah Dibayar
Dianggap Cocok Jadi Cawapres KIB, RK: Tugas Saya Bekerja Maksimal di Jabar
Bandung Gelar Alam Kubur Fashion Week, Ridwan Kamil Beri Pesan Ini

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini