Ridwan Kamil Imbau Pembagian Daging Kurban Manfaatkan Daun Jati

PERISTIWA | 11 Agustus 2019 13:34 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau masyarajat agar pembagian daging hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik. Ia menyarankan daging dikemas dengan besek bambu atau daun jati yang lebih ramah lingkungan.

Hal itu ia sampaikan saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Minggu (11/8/2019).

Pihak Masjid Raya Jabar akan menyembelih 10 sapi dan 12 kambing. Dua sapi di antaranya merupakan titipan Ridwan Kamil yang memiliki bobot 652 kilogram dan Presiden Joko Widodo seberat 950 kilogram.

"Kalau boleh pembagian daging kurban tidak dengan kantong plastik," ucap Ridwan Kamil.

Ia memastikan daging kurban dibagikan terjamin kesehatannya karena sudah diperiksa oleh tim kesehatan. Pembagian daging tidak hanya kepada Mustahik di daerah sekitar masjid, tetapi hingga ke pelosok daerah.

Selain itu, berdasarkan laporan yang dia terima, jumlah orang yang berkurban di Jabar terus meningkat setiap tahunnya. "Ini menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat di Jabar meningkat," ucap dia.

Menurutnya, spirit kurban di Idul Adha sejalan dengan spirit para pejuang yang rela berkorban demi merah kemerdekaan Indonesia.

Ia menyebut, kurban merupakan pelajaran bahwa unit masyarakat harus memiliki jiwa pengorbanan yang tinggi bagi kepentingan agama, bangsa dan negara. Makna lainnya, umat muslim harus mampu memberikan manfaat bagi orang yang ada di lingkungan sekitarnya.

"Minggu depan kemerdekaan Indonesia, kemerdekaan kita direbut darah dan air mata, pengorbanan luar bisa," katanya.

"Marilah kita ekspresikan kesalehan individu masing-masing diri kita, yang sekian lama kita pupuk dan bangun untuk menguatkan sisi spiritualitas manusia," ia melanjutkan.

Apabila masyarakat Jawa Barat sudah maju pemahaman, implementasi keagamaan di masyarakat, pira yang akrab disapa Emil itu optimistis visi Jawa Barat Juara dapat terwujud secara optimal.

Sementara itu, Panitia pelaksanaan Salat Idul Adha Tingkat Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua Baznas Jawa Barat, Arif Ramdani, mengatakan bahwa para Pejabat dan ASN Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menitipkan hewan kurbannya ke Baznas Jabar berjumlah 298.

Rinciannya, jumlah hewan total 36 sapi dan 46 domba. "Seluruh hewan kurban didistribusikan ke pelosok desa, pasantren, lembaga, ormas Islam, masjid raya, petugas keamanan dan kebersihan," katanya.

Baca juga:
Melihat Hewan-hewan Kurban Disembelih di Masjid Sunda Kelapa
BI Sebut Kenaikan Harga saat Idul Adha Tak Pengaruhi Inflasi
Suasana Salat Id Idul Adha di Negeri Serambi Mekah
Jokowi Ungkap Alasan Salat Idul Adha di Jawa Barat Tiga Tahun Berturut-turut
Deputi Senior BI Terharu Saksikan Pemotongan Hewan Kurban
Anies Baswedan Temukan Ratusan Hewan Kurban Tak Layak Potong di Jakarta

(mdk/ded)