Ridwan Kamil: Klaster GBI Bandung, 226 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

Ridwan Kamil: Klaster GBI Bandung, 226 Orang Dinyatakan Positif Covid-19
PERISTIWA | 3 April 2020 16:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil merilis angka terbaru warga Bandung positif terjangkit Covid-19, pasca mengikuti acara keagamaan di Gereja Bethel Indonesia (GBI), Lembang. Menurutnya, dari 637 jemaah yang dites rapid, 35 persennya sudah dinyatakan positif.

"Ini yang kami namakan klaster Bandung, 637 jemaah gereja dites, 226 dinyatakan positif, atau 35 persen," kata pria karib disapa RK kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam rapat telekonfrens, Juma (3/4/2020).

RK menjelaskan, penularan GBI Lembang bersumber dari seorang pendeta yang juga dinyatakan Covid-19 bersama istrinya dan keduanya saat ini diketahui sudah meninggal dunia.

"Jemaah melakukan sentuhan fisik dengan pendeta itu dan ini rasionya besar," jelas RK.

RK mengatakan, saat ini untuk Jawa Barat sudah dilakukan 15 ribu tes rapid dengan kasus positif Covid-19 mencapai 667 kasus.

"Kesimpulan pertama, saya berharap strategi pengetesan ini harus jadi strategi nomer satu hari ini, kami tak yakin provinsi lain terlihat kecil karena sebenarnya belum dilakukan rapid tes besar-besaran, saya meyakini kalau sudah dilakukan tes maka akan ditemukan seperti yang Jawa Barat temukan," RK menandasi. (mdk/ded)

Baca juga:
Polisi Tangani 72 Kasus Hoaks Virus Corona
Permudah Warga Dapat Informasi Corona, Khofifah Luncurkan Layanan Chatbot WA
Penutupan Tempat Wisata di Jakarta Diperpanjang Akibat Covid-19
Update Covid-19 Nasional 3 April 2020: 1.986 Positif dan 134 Orang Sembuh
75 Warga Solo yang Pernah Kontak dengan Pasien Corona Selesai Dikarantina

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami