Ridwan Kamil Potong Gaji Sendiri & ASN Pemprov Jabar untuk Penanganan Corona

Ridwan Kamil Potong Gaji Sendiri & ASN Pemprov Jabar untuk Penanganan Corona
PERISTIWA | 30 Maret 2020 18:39 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gaji atau tunjangan gubernur, wakil gubernur dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan dipotong selama empat bulan ke depan. Uang hasil dari kebijakan itu akan dimanfaatkan untuk keperluan penanganan penyebaran virus corona (Covid-19).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan bahwa upaya pemberantasan virus corona harus dilakukan dengan gerakan bersama. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk menolaknya atau keberatan.

"Ini adalah kewajiban kita bersama, tidak ada istilahnya menolak atau tidak menolak. ASN di Jabar ini kan sudah ada peningkatan pendapatan cukup besar sejak Januari 2020 dengan peningkatan tunjangan,” kata dia di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (30/3).

Meski demikian, dia menyebut mekanisme dan penghitungan pemotongan akan diatur memakai presentase yang adil dan proporsional. Sehingga, kebijakan ini bisa diterima oleh para ASN dan pejabat.

"Kalau tidak gaji, atau tunjangannya akan kita sumbangkan dengan presentase yang sesuai kemampuan. Kami akan atur seadil mungkin dan proporsional. Mudah-mudahan ini bela negara dari ASN selama 4 bulan kedepan. Jumlahnya tidak bisa disebutkan, tapi intinya dengan asas adil," imbuh Ridwan Kamil.

Baca Selanjutnya: Ajak Warga Jadi Relawan...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami