Ridwan Kamil Sarankan Jokowi Tangani Gejolak Politik Pakai Cara Baru

PERISTIWA | 20 Oktober 2019 13:18 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri acara pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Pria yang akrab disapa Emil ini berharap masyarakat bisa mendukung pelantikan Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau pemimpin udah dilantik, dan terpilih, mau dicoblos atau tidak, maka kita dukung. Karena beliau adalah nakhoda hidup kita lima tahun," kata Emil kepada wartawan.

Meski mendukung pelantikan Jokowi, Emil merasa perlu ada yang diperbaiki dari kepemimpinan Jokowi di periode 2014-2019. Salah satunya banyak gejolak masyarakat terkait sosial politik.

"Tapi ada catatan saya sosial politik banyak gejolak di periode pertama, mungkin bisa disempurnakan dan diperbaiki dengan cara-cara baru," ungkapnya.

Kendati demikian, mantan Wali Kota Bandung itu yakin Indonesia akan semakin baik ke depannya. Termasuk kondisi bidang ekonomi dan sosial politik.

"Sekarang ranking 13 di G20, ekonominya di 2030 rangking 7-8, katanya di 2045 jadi negara adidaya, itu terjadi kalau sosial politik kondusif dan pergantian kepemimpinan lancar. Dan hari ini menyimbolkan itu," ujarnya.

"Atas nama pemerintah provinsi, saya ucapkan selamat, dan kami akan bantu di daerah," ucapnya.

Diketahui, Jokowi-Ma'ruf akan dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Pelantikan rencananya akan dilakukan pada pukul 14.30 WIB.

(mdk/cob)