Ridwan Kamil Sebut Helikopter Digunakan untuk Kondisi Darurat

Ridwan Kamil Sebut Helikopter Digunakan untuk Kondisi Darurat
ridwan kamil. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 4 Agustus 2021 19:55 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara mengenai adanya anggaran penyewaan helikopter untuk Wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum. Dia mengatakan, anggaran untuk gubernur dan wakil gubernur ada di Biro Administrasi Pimpinan. Mengenai penyewaan helikopter hanya bisa digunakan jika ada hal yang darurat. Terlebih, banyak wilayah di Jawa Barat saat ada urusan mendesak tidak bisa dijangkau dengan cepat menggunakan transportasi darat.

"Anggaran itu disediakan hanya digunakan jika benar-benar dibutuhkan. Transportasi darurat seperti heli ini biasanya digunakan kalau ada kondisi darurat. Jabar itu sangat luas, menjangkau wilayah tidak bisa semuanya dijangkau mobil. Wajar saja dari sisi kebutuhan," kata Ridwan Kamil, Bandung, Rabu (4/8).

Di luar dari itu, penggunaan helikopter juga sudah sering dilakukan dengan meminjam kepada instansi pemerintah lain, seperti kepolisian, TNI atau BNPB. Khusus untuk anggaran sewa helikopter Uu Ruzhanul Ulum sudah direfocusing untuk urusan penanganan Covid-19.

"Jabar sering meminjam ke TNI AU, BNPB dan lain-lain, kan tetap juga ada ongkos yang harus dibayar. Kita mengurangi potensi menggunakan yang namanya heli swasta, memang mahal," terang dia.

"Saya pernah difasilitasi Polda naik heli polisi, difasilitasi juga oleh TNI dan sebagainya. Ini juga masuk dalam refocussing, di angka yang disebutkan sudah terefocusing 70 persen untuk penanganan pandemi. Tidak terkecuali, disisir satu satu," ia melanjutkan.

Diberitakan sebelumnya, nilai pagu pengadaan penyewaan helikopter untuk mobilitas Wakil Gubernur Jawa Barat senilai Rp75 juta. Ada total delapan paket perencanaannya yang dimulai pada Februari 2021 hingga September 2021. Jika diakumulasikan, total pagu anggarannya sebesar Rp600 juta.

Penyewaan helikopter baru direalisasikan sekali pada bulan Februari. Saat itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meninjau lokasi bencana banjir di daerah Bogor. Penggunaan helikopter karena banyak akses jalan tertutup. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami