Ridwan Kamil Soroti Kekurangan SDM di Labkesda Depok dan Cashflow Rumah Sakit

Ridwan Kamil Soroti Kekurangan SDM di Labkesda Depok dan Cashflow Rumah Sakit
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com/Aksara Bebey
PERISTIWA | 2 Oktober 2020 17:12 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyoroti sumber daya manusia (SDM) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Depok yang dinilai belum ideal. Ia pun menyinggung soal arus kas (cash flow) rumah sakit terkait tagihan kepada BPJS.

Hal tersebut mengemuka saat dirinya meninjau fasilitas pelayanan kesehatan Labkesda Kota Depok dan Rumah Sakit (RS) Citra Medika Depok, Jumat (2/10). Ia ingin memastikan fasyankes di tempat tersebut cukup untuk menangani pasien Covid-19.

Usai melakukan tinjauan, ia menilai sumber daya manusia di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok dan Labkesda Depok masih perlu penambahan. Ia mengajak warga Kota Depok yang memiliki kemampuan bisa ikut berpartisipasi membantu pekerjaan petugas.

"Silakan kirimkan (persyaratan sesuai kriteria) ke RSUI, ke Labkesda, dan rumah sakit rujukan lainnya untuk mengisi kekurangan tenaga medis," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima.

"Saya imbau kepada warga Depok yang punya skill di bidang pendidikan dan kesehatan ini supaya bisa bekerja di akhir pekan, karena di akhir pekan ini banyak (tenaga medis) yang kelelahan sehingga pelayanannya menurun," tambahnya.

Di sisi lain, pria yang akrab disapa Emil ini menemukan kendala arus kas (cash flow) rumah sakit terkait tagihan kepada BPJS. Melalui Peraturan Gubernur, ia berjanji akan membantu mempercepat pembayaran sehingga rumah sakit bisa terus memberikan pelayanan maksimal.

"Sehingga nantinya jangan sampai ada kasus pasien Covid-19 dikorbankan, tagihan lama sehingga akhirnya rumah sakitnya collaps karena cash flow keuangannya belum bisa pulih dengan dinamika proses administrasi," pungkasnya. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami