Ridwan Kamil: Tokoh Publik Wajib Umumkan Hasil Swab Test

Ridwan Kamil: Tokoh Publik Wajib Umumkan Hasil Swab Test
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Depok. ©2020 Merdeka.com/Nur Fauziah
PERISTIWA | 30 November 2020 13:11 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Perawatan hingga kepulangan dari rumah sakit serta hasil swab tes Rizieq Syihab yang menuai polemik mendapat respon dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Menurut dia, setiap data swab itu alurnya masuk ke data Satgas Covid-19 di kabupaten kota untuk kemudian diinput menjadi data pusat. Data tersebut diumumkan secara terbuka kepada publik untuk mengetahui perkembangan kasus dan penanganan pandemi yang terjadi.

“Makanya diumumkan, ada berapa jumlah orang setiap hari yang sembuh, yang sakit, kan meninggal karena datanya kan dari rumah sakit. jadi alur itu pasti ada,” kata dia di Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (30/11).

Berkaitan dengan pengumuman hasil swab setiap individu harus ada kesepakatan yang dibuat. Hanya saja, tokoh publik yang memiliki pengaruh punya kewajiban untuk memberikan informasi secara terbuka mengenai status keterpaparan virus corona.

“Kalau dia tokoh publik punya kewajiban (membuka informasi), kalau bukan tokoh publik, memang tidak ada pengaruh besar, tapi kalau publik maka ada ratusan mungkin ribuan orang yang pernah berinteraksi harus mewaspadai,” jelas dia.

“Tanpa informasi itu, maka ada ancaman bagi epidemiologi atau istilahnya potensi super super gede,” ucap dia.

Disinggung mengenai upaya hukum yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor mengenai polemik Rizieq Syihab, Ridwan Kamil menyebut itu adalah kewenangan skala lokal.

“Selama masih bisa ditangani oleh Satgas kota Kabupaten, itu kewenangannya. Menjadi tugas provinsi pada saat level lokalnya tidak sanggup mengurusi,” pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Rizieq Dipanggil Polisi...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami