RS Darurat Didirikan Sebagai Skenario Terburuk Bila 8.000 Orang Positif Corona

RS Darurat Didirikan Sebagai Skenario Terburuk Bila 8.000 Orang Positif Corona
PERISTIWA | 26 Maret 2020 11:17 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Pangdam Jaya, Mayjen TNI Eko Margiyono menjelaskan alasan didirikannya rumah sakit darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Eko mengungkapkan, didirikannya RS itu sebagai antisipasi pemerintah bila terjadi lonjakan pasien corona hingga ribuan.

"Latar belakang didirikannya rumah sakit ini adalah pemerintah sudah mengantisipasi apabila penyebaran virus covid-19 ini tidak bisa kita bendung, maka pasti akan banyak terpapar oleh virus ini sementara apabila kita mengandalkan rumah sakit-rumah sakit yang ada jelas tidak mungkin," kata Eko dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Kamis (26/4).

Eko mengungkapkan, skenario terburuk untuk kasus positif corona bisa mencapai 8.000 orang. Hal tersebut dari hasil simulasi dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) DKI Jakarta.

"Dari hasil simulasi forkompimda DKI karena daerah Jakarta paling banyak terpapar virus ini skenario terburuk adalah bisa mencapai 6.000 sampai 8.000 orang positif," kata Eko.

1 dari 1 halaman

Maka dari itu, itu, pemerintah menyulap Wisma Atlet menjadi rumah sakit darurat Corona. Eko menyatakan, sejumlah pihak terlibat menyiapkan fasilitas di RS Darurat tersebut.

"Terdiri dari beberapa gabungan instansi kemenkes, kementerian PUPR, kementerian BUMN, TNI, Polri dan relawan," ujarnya.

Jenderal bintang dua tersebut pun mendapatkan tugas untuk memimpin rumah sakit darurat corona tersebut. "Saya Pangdam Jaya dapat tugas memimpin rumah sakit darurat Wisma Atlet," tukas Eko. (mdk/lia)

Baca juga:
Upaya Pemerintah Jaga Stabilisasi Harga Pangan Pokok di Tengah Virus Corona
Di tengah Virus Corona, Ini 6 Artis yang Terpaksa Tutup Sementara Bisnisnya
RS Darurat Didirikan Sebagai Skenario Terburuk Bila 8.000 Orang Positif Corona
Data Kemlu: 87 WNI Positif Corona di 14 Negara, 10 WNI Dinyatakan Sembuh
Pangdam Jaya Minta Hentikan Hoaks Terkait RS Darurat Wisma Atlet
DPR akan Gelar Paripurna Buka Masa Sidang di Tengah Pandemi Virus Corona

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami