RS Udayana Bali Buka Layanan Swab Tes Mandiri, Ini Tarifnya

RS Udayana Bali Buka Layanan Swab Tes Mandiri, Ini Tarifnya
PERISTIWA | 28 Mei 2020 23:00 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Pelayanan tes swab dan rapid test bagi pasien umum atau mandiri dibuka oleh Rumah Sakit Universitas Udayana (Unud), Bali. Kamis (28/5).

Layanan tersebut, akan dibuka pada hari ini bagi warga yang akan melakukan rapid test atau swab. "Uji coba mulai hari ini dan menunggu SK Rektor untuk tarifnya melayani pasien umum," kata Direktur Utama RS PTN Unud, Putu Gede Purwa Samatra, saat dihubungi, Kamis (28/5).

Sementara, untuk biaya rapid test pasien umum paling murah sebesar Rp350 ribu dan untuk tes swab dengan metode PCR sebesar Rp900 ribu. Selanjutnya, untuk rapid test hasilnya akan keluar dalam waktu 3 hingga 4 jam dan tes swab keluar dalam waktu 24 hingga 48 jam.

Kemudian, untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bertugas dan mahasiswa aktif Unud biaya rapid test sebesar Rp105 ribu. Sementara untuk ASN yang akan bertugas dan mahasiswa aktif Unud biaya tes swab Rp350 ribu.

"(Tarif) itu untuk orang sehat yang akan melakukan perjalanan. Kalau orang yang sakit PDP, ODP yang memenuhi syarat sesuai dengan keputusan menteri, iya tidak bayar. Grastis," jelas Samatra.

Selain itu, untuk rapid test pasien umum yang dilakukan di atas pukul 20.00 Wita maka dikenakan biaya tambahan Rp50 ribu. Kemudian, untuk swab bagi pasien umum yang dilakukan pada Sabtu, Minggu, dan hari libur dikenai biaya tambahan Rp100 ribu.

"Jadi ini memudahkan edarannya satgas Covid-19 Bali bagi yang (perjalanan) atau apa yang harus pakai swab. Itu berlaku satu Minggu kalau diluar daerah lebih satu Minggu, iya di sana swab lagi," ujar Samatra. (mdk/ded)

Baca juga:
21.203 Warga Surabaya Jalani Rapid Test Corona, Hasilnya 2.080 Reaktif
Jumlah Tes Corona Indonesia Terendah di Asia Tenggara
130.912 Sampel di Jakarta Dites PCR Covid-19
Tingkatkan Pengujian Sampel, Gugus Tugas Covid-19 Gandeng IDI, Bidan, dan Kementerian
Maksimalkan Tes Swab, Pemda DIY Ajukan Tambahan Laboratorium Covid-19
Pemerintah Telah Periksa 256.946 Spesimen Kasus Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5