RS Universitas Udayana Ditunjuk Jadi Rumah Khusus Pasien Corona

RS Universitas Udayana Ditunjuk Jadi Rumah Khusus Pasien Corona
PERISTIWA | 28 Maret 2020 01:29 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Bali telah menunjuk Rumah Sakit milik Universitas Udayana sebagai rumah sakit khusus pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona dan pasien positif covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra.

"Bapak Gubernur Bali mengadakan rapat dengan satgas dan juga dengan Rektor Universitas Udayana untuk mengupayakan adanya rumah sakit khusus untuk menangani PDP dan positif covid-19 ini," kata Indra, Jumat (27/3) malam.

Pemerintah Provinsi Bali dan Universitas Udayana sepakat dan menugaskan Rumah Sakit PTN Universitas Udayana sebagai rumah sakit khusus untuk perawatan, penanganan pasien dalam pengawasan dan pasien positif covid-19.

"Untuk bisa operasional tentu ada upaya-upaya persiapan. Oleh karena itu pihak rektorat Universitas Udayana sedang mempersiapkan untuk menuju ke sana dan mudah-mudahan dalam satu Minggu ke depan sudah bisa disiapkan. Jika sudah siap tentu kami informasikan," ujar Indra.

1 dari 1 halaman

Bantah Perawat Terkena Corona

Disinggung soal beredarnya informasi mengenai adanya salah satu perawat di RSUD Buleleng, Bali, yang dinyatakan positif covid-19, Made Indra membantahnya. Menurutnya, hasil laboratorium belum keluar.

"Kawan kita itu adalah perawat yang menangani pasien di rumah sakit. Iya. Tetapi untuk mengatakan positif tunggu dulu hasil laboratorium," kata Indra.

Dia menyesalkan informasi mengenai pasien yang positif itu bersumber dari salah satu pejabat daerah di salah satu kabupaten di Bali. Sebab, untuk menyatakan seseorang positif Corona hanya bisa dilakukan setelah ada hasil laboratorium. Bahkan rapit tes pun belum bisa dijadikan kesimpulan.

"Kalau itu, dikatakan pejabat dan dinyatakan positif maka saya sangat menyesalkan pernyataan pejabat itu. Karena masih ada pejabat yang belum mengetahui prosedur yang menyatakan positif. Saya sangat menyesalkan tapi mudah-mudahan itu tidak benar mudah-mudahan itu salah kutip," jelas Indra.

Indra juga menyampaikan, bahwa perawat itu sudah dilakukan pemantauan dan sekarang sudah dirawat di rumah sakit di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

"Itu sudah dalam pantauan kami dan sekarang orang itu sudah dirawat rumah sakit di Singaraja. Hasilnya tunggu uji laboratorium," tutup Indra. (mdk/noe)

Baca juga:
Warga Keluhkan Pelayanan RSUD Banten Sebagai Rujukan Penanganan Covid-19
48 Kamar di RSUD Bung Karno Solo Disiapkan untuk Tangani PDP Covid-19
Selain Wisma Atlet, Kementerian BUMN Siapkan RS Pertamina Jaya Untuk Pasien Covid-19
VIDEO: Gotong Royong Hadirkan RS Darurat Corona
Pertamina Lubricants Serahkan APD ke 2 Rumah Sakit Rujukan Penanganan Corona
Kementerian BUMN Gandeng Kemenag Sulap Asrama Haji Jadi RS Darurat Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami