RSUD Arifin Achmad Riau Patok Harga Tes Swab Covid-19 Rp1,7 Juta

RSUD Arifin Achmad Riau Patok Harga Tes Swab Covid-19 Rp1,7 Juta
PERISTIWA | 29 Mei 2020 15:43 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - RSUD Arifin Achmad milik Pemprov Riau membuka pelayanan tes swab Covid-19 bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan tugas ke luar kota mulai hari ini, Jumat (29/5). Rumah sakit pemerintah itu mematok harga Rp1,7 juta untuk masyarakat yang ingin melakukan tes swab.

"Untuk biaya pengecekan swab ini, kami mematok harga sebesar Rp1,7 juta," ujar Direktur Utama RSUD Arifin Achmad Riau, Nuzelly Husneidi.

Menurut Nuzelly, sesuai perkembangan saat ini untuk memasuki daerah lain seperti DKI Jakarta harus ada menunjukkan hasil swab. Maka dari itu, RSUD akan membuka pelayanan swab Covid-19.

Nuzelly mengatakan pihaknya menyediakan poliklinik Covid-19 khusus gedung emergency di Gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Arifin Achmad. Di sana, akan ada difasilitasi pelayanan swab.

"Pelayanan ini kita akan lihat perkembangannya, karena ini sangat terbatas. Tentu sebagai upaya pembatasan orang untuk bepergian, kecuali memang sangat perlu untuk melakukan perjalanan," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Nuzelly menyebutkan, sesuai arahan Gubernur Riau Syamsuar pelayanan tersebut harus difasilitasi. Sehingga tidak ada kendala saat ada hal yang harus diurus jika berangkat ke Jakarta atau tujuan kota lainnya.

"Tentunya tidak semua bisa kami layani untuk pengecekan Swab ini, karena harus berdasarkan prosedur seperti yang mempunyai surat keluar izin keluar masuk (SIKM)," jelasnya.

Dia juga menyampaikan, masyakarat yang bertugas ke luar daerah diperbolehkan melakukan pemeriksaan Swab di Labor Biomolekuler Arifin Achmad. Tapi jumlahnya dibatasi.

"Sebab, tes swab ini juga difokuskan untuk Pasien Dalam Pemantaun (PDP), juga pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau," tandasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
50 Pedagang di Pasar Klender Berstatus ODP, Pernah Kontak dengan Pengidap Covid-19
Penjelasan Menteri Erick Soal Pemberian Dana Rp 152 T ke BUMN
Antisipasi Covid-19, Petugas Pelayanan Kependudukan di Pamulang Pakai Face Shield
PSBB Berakhir, Masjid di Pekanbaru Kembali Dibuka dengan Protokol kesehatan
Indonesia Tetap Beri Obat Anti-Malaria ke Pasien Covid-19 meski Dilarang di Eropa

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5