Ruas Jalan di Pantai Utara Karawang Ambles Terkikis Abrasi, Akses Warga Terputus

Ruas Jalan di Pantai Utara Karawang Ambles Terkikis Abrasi, Akses Warga Terputus
Jalan Abrasi di Karawang. ©2021 Merdeka.com/bram salam
PERISTIWA | 26 Februari 2021 17:00 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Ratusan meter jalan di pesisir pantai Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya kembali amblas akibat terkikis oleh abrasi. Sebagian badan jalan yang amblas akibat tidak ada penahan, serta pasir dibawahnya pun habis tergerus abrasi.

"Ada sekitar 50 sampai 100 meter yang amblas soalnya pasir di bawahnya habis terkikis abrasi, jangankan kendaraan roda empat, roda dua saja kesulitan untuk bisa melewatinya," terang Kepala Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Yonglim Supardi, Jumat (26/2)

Dikatakannya, terputusnya ruas jalan penghubung Dusun Cemara ke Dusun Pisangan tersebut sudah lama terjadi akibat abrasi. Namun saat ini kerusakan semakin parah akibat banjir dan air laut yang pasang.

"Hampir ada satu bulanan amblasnya tapi sekarang semakin rusak karena air laut pasang dan banjir. Kendaraan sudah tidak bisa lewat," katanya.

Selain itu, abrasi yang terjadi saat ini nyaris sampai ke rumah warga yang ada di bibir pantai. Namun dirinya dan menyayangkan bencana abrasi yang terjadi di wilayahnya belum ada tanggapan serius dari pemerintah.

"Sudah kita adukan ke pemda soal Jalan ambruk putus karena abrasi. Kita sudah laporan tinggal menunggu tindak lanjut pemda. Kalau tidak segera ditangani bisa semakin meluas," katanya. (mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami