Rumah Bertingkat di Samarinda Dijadikan Pabrik Sabu, 2 Tersangka Ditangkap

PERISTIWA | 5 Desember 2018 01:30 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Polda Kalimantan Timur membongkar produksi sabu rumahan di kawasan Jalan Elang, RT 106, Samarinda, Kalimantan Timur. Polisi mengamankan 15 peralatan, 16 bahan dasar serta sabu seberat 67,78 gram. Dua orang ditetapkan sebagai tersangka.

Kedua tersangka adalah seorang perempuan bernama Reskiah (32) dan Lamengkeng (32). Keduanya ditangkap di rumah tinggalnya, Jumat (30/11) malam, sekira pukul 22.00 WITA.

"Kedua orang yang diamankan, diduga memiliki, menguasai, menyimpan dan mengedarkan kristal diduga narkotika jenis sabu," kata Karo Penmas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (4/12).

Dedi menerangkan, dugaan aktivitas industri sabu rumahan itu terbongkar, setelah tim opsnal Direktorat Reserse Narkoba Polda Kaltim mendapat informasi, adanya industri sabu rumahan di kawasan Jalan Elang.

"Jadi tim ke lokasi, dan melakukan penangkapan kedua tersangka, Reskiah dan Lamengkeng di dalam rumah. Rumah digeledah, ditemukan sabu, bahan meracik sabu, dan peralatan produksinya. Semua barang bukti, sudah diamankan," ujar Dedi.

Sederetan peralatan yang disita sebagai barang bukti di antaranya tabung destilasi ukuran besar dan kecil, kondensor, gelas ukur, aluminium foil hingga pipet. Sedangkan barang bukti bahan dasarnya seperti alkohol 70 persen, air aki, obat tetes mata, hingga perwarna pakaian.

"Hasil produksinya, berupa 4 plastik klip berisikan serbuk kristal putih diduga sabu seberat 67,78 gram sabu," ungkap Dedi.

Merdeka.com menelusuri lokasi penangkapan kedua tersangka di Jalan Elang. Pemilik rumah, Syamsudin (50), mengakui adanya penangkapan itu. "Iya, Reskiah itu keponakan saya. Malam itu, ada sekitar 10 polisi bersenjata. Saya cuma di dalam kamar, cuma dikasih tahu ini penggerebekan," kata Syamsudin.

"Waktu itu, dia (Reskiah dan Lamengkeng) mau jalan, disergap. Lamengkeng itu teman dekatnya keponakan saya. Saya benar-benar tidak tahu, kalau ternyata soal itu (produksi narkoba dalam kamar Reskiah)," tuturnya.

Baca juga:
Baru Pertama Kali Bisnis Sabu, 5 Pria Langsung Ketangkap Polisi
BNNP Jatim Sergap Pengedar Narkoba Jaringan Lapas Porong, 600 Gram Sabu Disita
Kesaksian Kombes Herry Heryawan, Sempat Berkelahi saat Amankan Richard Muljadi
181 Kg Ganja asal Aceh Gagal Edar di Cianjur, 5 Pelaku Diringkus
Kemenko PMK Gelar Tes Narkoba Secara Mendadak

(mdk/cob)

TOPIK TERKAIT