Rumah Bung Tomo di Kawasan Cagar Budaya Malang Rusak

Rumah Bung Tomo di Kawasan Cagar Budaya Malang Rusak
PERISTIWA » MALANG | 10 Oktober 2019 08:45 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Rumah lawas di kawasan cagar budaya Jalan Boulevard Idjen Kota Malang dalam kondisi rusak dan tertutup pagar seng. Rumah yang pernah menjadi tempat tinggal Soetomo atau Bung Tomo itu dibongkar setelah dijual kepada pemilik baru.

Rumah di Jalan Boulevard Idjen Nomor 6 itu dalam kondisi sudah rusak dan dijebol guna renovasi. Tembok dan lantai dari berbagai sisi sudah dirusak, sementara beberapa orang sudah sekitar seminggu terakhir bekerja untuk pemugaran rumah tersebut.

Kusen pintu dan jendela juga terlihat terkumpul di pojok belakang rumah sisi utara. Rumah tersebut sengaja dibongkar guna diganti bangunan baru.

Rumah tersebut menyimpan koleksi dan barang bersejarah milik Bung Tomo. Pejuang kemerdekaan 1945 yang dikenal sebagai pembangkit gelora perjuangan melawan penjajah itu pun pernah tinggal dan menjalankan tugas negara di rumah tersebut.

Sebelumnya, rumah tersebut pernah menjadi posko pemenangan Prabowo Subianto dan Sandiaga S Uno. Saat Sandiaga berkampanye ke Malang, juga sempat ke rumah tersebut dengan didampingi Ratna Sulistami Soestomo, anak keempat Bung Tomo.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang meminta penghentian sementara pembangunan tersebut. Pemilik selanjutnya diminta untuk datang ke Satpol PP guna menunjukkan izin pembangunannya.

"Satpol PP melakukan BAP guna memanggil pemiliknya untuk menunjukkan izin pemugarannya," kata Agung H Buana, Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang, Kamis (10/10).

Dia menjelaskan, bangunan tersebut berada di kawasan cagar budaya sehingga untuk melakukan renovasi dan pemugaran diwajibkan mengurus beberapa izin. Pemilik harus mengantongi surat keterangan KRK atau AP guna pengurusan IMB.

Khusus bangunan cagar budaya diharuskan mendapat rekomendasi dari Tim Cagar Budaya. Setelah lengkap baru mengajukan untuk IMB guna renovasi dan pemugaran.

Sementara dalam kasus Rumah Bung Tomo Jalan Idjen 6 Kota Malang belum ada permohonan permintaan rekomendasi kepada Tim Cagar Budaya Kota Malang.

"Arti penting rumah tersebut adalah bekas rumah tinggal Bung Tomo. Bahkan sebelum dimiliki Bung Tomo, rumah itu diduga pernah digunakan menyimpan Radio Nirom atau radio perjuangan ketika agresi Belanda," kata Buana.

Saat agresi Belanda I sempat Radio Nirom berpindah-pindah lokasi saat akan diselundupkan ke kawasan selatan Malang. Alat-alatnya diduga pernah disimpan dan disembunyikan di rumah tersebut.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Pusat Turun Mendalami...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami