Rumah Oksigen Gotong Royong Jaktim Siap Tampung Pasien Covid

Rumah Oksigen Gotong Royong Jaktim Siap Tampung Pasien Covid
ilustrasi rumah sakit. Shutterstock/sfam_photo
NEWS | 4 Agustus 2021 22:33 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) di Pulo Gadung, Jakarta Timur resmi beroperasi pada mulai 2 Agustus 2021. Layanan ini siap menampung para pasien Covid-19 bergejala ringan khususnya yang membutuhkan oksigen agar bisa terfasilitasi dengan maksimal.

Operasional ROGR akan dikelola oleh tenaga kesehatan berpengalaman dari RSDC Wisma Atlet. ROGR memiliki kapasitas sekitar 500 tempat tidur yang tersebar dalam empat unit perawatan dengan oksigen yang mengalir langsung lewat pipanisasi sebanyak 350-400 liter/jam. Pada tahap awal ini akan beroperasi dua unit perawatan terlebih dahulu.

"Perawatan bagi pasien Rumah Oksigen Gotong Royong akan disesuaikan dengan panduan Kementerian Kesehatan untuk isolasi dengan gejala ringan. Bila terjadi eskalasi kasus, ROGR juga sudah dilengkapi dengan special care unit yang dilengkapi dengan ventilator dan high flow nasal cannula (HFNC) sehingga bisa diberikan pertolongan sambil menunggu rujukan ke rumah sakit," ujar Paban V/Kes Slog TNI, Kolonel Ckm dr Stefanus Dony, saat meninjau ROGR Pulo Gadung dalam keterangannya. Demikian dikutip dari Antara, Rabu (4/8).

ROGR bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terpapar COVID-19 yang memiliki gejala ringan. Atau saturasi di atas atau sama dengan 90 persen, serta tidak memiliki komorbid atau memiliki komorbid terkontrol.

Pasien yang dirawat di Rumah Oksigen Gotong Royong tidak akan dikenakan biaya alias gratis dan akan mendapat fasilitas makanan bergizi 3 kali sehari.

(mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami