Rumah Produksi Tembakau Gorila di Bogor Digerebek, Omzet Rp500 Juta per Bulan

Rumah Produksi Tembakau Gorila di Bogor Digerebek, Omzet Rp500 Juta per Bulan
PERISTIWA | 10 Juli 2020 12:05 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Satnarkoba Polres Bogor menggerebek sebuah rumah kontrakan di Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor pada Kamis (9/7) malam. Rumah itu diduga menjadi lokasi pembuatan tembakau gorila.

Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Eka Candra, menjelaskan empat pelaku ditangkap dari penggerebekan itu berikut barang bukti 5 kilogram tembakau gorila serta beberapa bungkus kecil tembakau siap edar.

Dia menjelaskan, penggerebekan dilakukan pukul 18.00 WIB di Perumahan Griya Tajurhalang. Polres Bogor awalnya mendapat informasi dari Bea Cukai bahwa ada kegiatan mencurigakan dalam sebuah rumah kontrakan di perumahan itu.

"Ketika kita lakukan penggerebekan, didapati barang bukti 5 kilogram tembakau gorila dan beberapa tembakau murni yang sudah dipecah siap diedarkan," kata Eka Candra.

Empat tersangka langsung digelandang ke Mapolres Bogor berinisial AI, AE, DS dan Y yang menghuni kontrakan tersebut. Para tersangka dijerat dengan Undang-Undang Narkotika dengan ancaman pidana 12 tahun atau seumur hidup.

Untuk mengedarkan barang haram ini, para tersangka memasarkan lewat jejaring media sosial dan dikirim menggunakan jasa ekspedisi.

"Jadi pelaku mendapat barang tersebut dari Belanda kemudian mereka racik dengan bungkusan kecil dengan sistem penjualan via online," jelasnya

"Harganya bervariasi mulai Rp800 ribu hingga Rp3 juta dan mereka sudah berproduksi sejak Maret 2020 dengan keuntungan Rp500 juta per bulan," katanya. (mdk/lia)

Baca juga:
Napi di Bali Kendalikan Pabrik Rumahan Garap Liquid Vape Tembakau Gorila
12 Orang Sindikat Produsen Tembakau Gorila Lintas Daerah Dibekuk Polisi
Polisi Tangkap Produsen Tembakau Sintetis Sasar Anak SD di Bogor
Seorang Mahasiswa Ditangkap Polisi Karena Jual Tembakau Gorila
Konsumsi Tembakau Gorila Sebelum Klitih, Mahasiswa di Bantul Dibekuk Polisi
Polisi Gerebek Indekos di Bandung Tempat Produksi Tembakau Gorilla

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami