Rumah Sakit Darurat Disiapkan Pemkab Bogor di Megamendung untuk Rawat OTG Covid-19

Rumah Sakit Darurat Disiapkan Pemkab Bogor di Megamendung untuk Rawat OTG Covid-19
PERISTIWA | 19 November 2020 14:01 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Bogor menjalin kerja sama dengan Yayasan Artha Graha Peduli, untuk menyiapkan tempat isolasi pasien Covid-19 kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), Kamis (19/11).

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan lokasi isolasi di Desa Cibogor, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, itu diprioritaskan untuk hasil tracing Pemkab Bogor untuk isolasi agar lebih terpantau.

"Alhamdulillah terbantu dengan kerja sama ini karena konfirmasi positif di Kabupaten Bogor masih tinggi. Sementara 28 rumah sakit dari satu rumah sakit darurat di Wisma Kemendagri masih kurang," kata Iwan.

Iwan berharap, jika pasien OTG dirawat di tempat ini bisa lebih cepat sembuh karena memiliki suasana berbasis alam dan jauh dari keramaian jalan raya juga memiliki lahan yang cukup luas.

"Semoga ini bisa menjawab kekurangan kita untuk penanganan Covid-19. Ini tentu harus dimaksimalkan karena lahan di sini cukup luas. Kalau masih kurang, mungkin bisa disiapkan rumah sakit darurat lagi," kata Iwan.

Iwan mengatakan, di lokasi ini memiliki kapasitas lebih dari 100 orang. Namun, untuk membuat pasien OTG lebih nyaman dan memiliki standar WHO, kapasitas itu ditekan menjadi hanya 66 orang.

"Untuk operasionalnya, tinggal bagaimana dinas kesehatan menyiapkan alat-alat medis dan tenaga medisnya. Tapi harus cepat disiapkan supaya cepat bisa digunakan," tegas politisi Gerindra itu.

Sementara Sekretaris Yayasan Artha Graha, Veni Vanessa Halim menjelaskan, penyiapan rumah sakit darurat ini merupakan bentuk kepedulian yayasan pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19.

"Tapi tempat ini lebih fokus kepada mereka yang yang OTG. Diharapkan tempat ini bisa membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan Covid-19. Kita hanya menyiapkan tempat. Untuk alat-alat dari pemerintah semua," kata Veni. (mdk/gil)

Baca juga:
Satgas Sebut Pasien Covid-19 Masuk ICU Harapan Hidup Hanya 5 Persen
Cegah Penyebaran Covid-19, China Setop Impor Makanan dari Negara Terkena Wabah Corona
1 Pegawai Positif Corona, Kantor DKPP Kabupaten Belitung Ditutup
Pesan Doni Monardo ke Kepala Daerah: Wajib Larang Kegiatan Timbulkan Kerumunan Massa
Sepanjang 2020, 62 Pasien RSJ di Padang Positif Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami