Rumah Sakit di Jateng Dapat Bantuan 1.000 Alat VTC, Siap Periksa Sampel Pasien Corona

Rumah Sakit di Jateng Dapat Bantuan 1.000 Alat VTC, Siap Periksa Sampel Pasien Corona
PERISTIWA | 26 Maret 2020 12:03 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - 1.000 Alat Virus Transfer Media (VTM) akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah yang menangani pasien rujukan Corona Virus Disease (Covid-19). Bantuan alat VTM tersebut nantinya untuk pengecekan virus pada pasien Covid-19 yang makin langka.

"Ini penting sebab alat ini pengambilan sampel tenggorokan pasien yang diduga terjangkit Covid-19. Kami akan segera distribusikan ke rumah sakit yang menangani kasus Covid-19," kata Gubernur Ganjar Pranowo, Kamis (26/3).

Dia mengungkapkan alat VTM sendiri merupakan media sejenis tabung yang digunakan untuk meletakkan spesimen yang diambil dari pasien menggunakan metode Swab. Dengan alat VTM itu, Swab dibawa ke laboratorium.

"Jadi pemeriksaan untuk diketahui apakah positif atau negatif corona. Tanpa alat VTM pengecekan virus corona tidak akan berhasil," ungkapnya.

Pemerintah Jawa Tengah, sampai saat ini terus berikhtiar untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Semua upaya dilakukan, agar penyebaran virus pandemic ini dapat terkendali.

"Kami ikhtiar sampai jungkir balik untuk mengatasi persoalan ini. Kepada masyarakat, tetap waspada untuk tetap di rumah. Semua ini demi kepentingan orang banyak dan rasa kemanusiaan," terangnya.

Sebelumnya Pemprov Jateng mendapatkan bantuan 1.000 unit VTM diterima Jateng dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) Jakarta. Bantuan dari lembaga yang ditunjuk pemerintah dalam penanganan virus corona tersebut diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di rumah dinasnya, Kamis (26/3). (mdk/gil)

Baca juga:
Hadir Tablig Akbar di Malaysia, Warga Sumbar dan 2 Anak Diisolasi
Polisi Tangkap 2 Penyebar Hoaks Sekuriti Pingsan karena Covid-19
Corona, Hotel Grand Cempaka Business Jadi Tempat Istirahat Tenaga Medis
Saksi Berstatus ODP, Sidang Perkara Suap Wali Kota Medan Ditunda
Tembok Besar China Mulai Dibuka Setelah Pandemi Corona Mulai Mereda
Masinton Minta Pemerintah Pusat Pertimbangkan Lockdown Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami