Rumah Sakit di Kabupaten Bogor Kekurangan 1.257 Tempat Tidur

Rumah Sakit di Kabupaten Bogor Kekurangan 1.257 Tempat Tidur
Pasien Corona. ©2020 Photo
NEWS | 2 Juli 2022 01:00 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan untuk membuka pintu sebesar-besarnya bagi investor, yang ingin mendirikan fasilitas kesehatan, untuk memenuhi kebutuhan tempat tidur rumah sakit di Kabupaten Bogor.

Dia mengungkapkan, saat ini Kabupaten Bogor memiliki 29 rumah sakit, baik swasta maupun milik pemerintah. Selain itu, terdapat 107 puskesmas, 121 pustu dan 202 poliklinik. Jika dijumlahkan, total ketersediaan tempat tidur mencapai 4.143 unit.

"Namun untuk memenuhi standar WHO, kita masih kekurangan 1.257 tempat tidur. Karena jumlah penduduk kita sekitar 5,4 juta jiwa, sementara rasio yang ditetapkan WHO untuk ketersediaan tempat tidur itu 1/1000 penduduk," kata Iwan Setiawan, Jumat (1/7).

Sehingga, untuk mencapai jumlah ideal, Kabupaten Bogor setidaknya harus memiliki 5.400 unit tempat tidur di rumah sakit. Maka dari itu, Iwan menegaskan akan memberi kemudahan kepada investor yang ingin mendirikan rumah sakit, maupun fasilitas kesehatan di Kabupaten Bogor.

"Ya kita akan bantu lah perizinannya. Saat ini, kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan terus meningkat, jadi pemerintah juga harus bersinergi dan kolaborasi dengan pihak swasta untuk memberi layanan kesehatan merata dan berkualitas," terangnya.

Iwan berharap, dengan semakin mudahnya masyarakat menjangkau layanan kesehatan, juga dapat mewujudkan karsa Bogor Sehat sebagai salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten Bogor. (mdk/fik)

Baca juga:
Operasi Bisa dari Jauh, Dokter RS Hasan Sadikin Sebut Bedah Robotik Dimulai 2025
Jenis Kejang yang Bisa Dialami Bayi dan Anak-Anak, Orang Tua Harus Waspada
DPR Usul Indonesia Punya Rumah Sakit di Tanah Suci
Komisi VIII DPR Nilai Fasilitas KKHI Madinah Serupa RS Tipe C
Pemkab Bogor Minta Rp219 M untuk Proyek RSUD Parung, Ini Rincian Anggarannya
Kriteria Baru Ruang Rawat Inap Standar BPJS Kesehatan, Diisi 4 Pasien
Jasa Raharja Beri Kemudahan Layanan RS Bagi Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini