Saat Presiden Jokowi Dicurhati Para Bocah, Ini Permintaannya

PERISTIWA | 4 Desember 2018 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sering mendapat keluhan dari masyarakat, bahkan curhatan dari seorang bocah. Curhatan mereka tentang berbagai hal. Para bocah itu menyampaikan curhatannya saat bertemu langsung, dan ada lewat surat.

Namun ada yang ditanggapi Presiden Jokowi, ada yang belum. Berikut ini curhatan para bocah pada Presiden Jokowi:

1 dari 5 halaman

Anak Kecil di Palu Minta Ikut Jokowi Naik Pesawat

Izrael ingin ikut Jokowi. ©2018 Liputan6/Ady Anugrahadi

Saat Jokowi mengunjungi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, ia didatangi seorang anak kecil. Bocah yang bernama Izrael itu mengalami luka sedikit di wajahnya akibat gempa yang melanda Palu dan sekitarnya. Saat bertemu Jokowi, anak itu menceritakan bahwa ia kehilangan ibunya. "Mamaku sudah mati. Saya tidak boleh nangis, saya harus berani. Mamaku sudah di atas," kata Izrael.

Izrael sempat meminta ikut rombongan Jokowi untuk naik pesawat. Alasannya, agar bisa bertemu dengan ibunya. Jokowi menghibur bocah tersebut. Ia berpesan pada Izrael untuk rajin sekolah.

2 dari 5 halaman

Anak Sekolah Dasar Minta Seragam Baru

pelajar di tapal batas. ©2017 Merdeka.com

Video viral siswa SD Bengkayang, Kalimantan Barat meminta peralatan sekolah didengar  Jokowi. Mereka meminta diberikan seragam sekolah baru, karena sudah lusuh dan menguning. "Kemarin keinginan anak-anak di Bengkayang untuk memiliki tas buku sepatu dalam sebuah tayangan seperti itu," ujarnya.

Ada ratusan paket yang dikirim Jokowi untuk pelajar SD di pelosok tersebut. Tercatat 135 paket bantuan untuk pelajar SDN 04 Sungkung, 148 paket untuk pelajar SDN 11 Senebeh, 168 paket untuk pelajar SDN 10 Medeng, dan sebanyak 151 paket bantuan untuk pelajar SDN 09 Senoleng.

Untuk masing-masing sekolah, Presiden juga memberikan paket bantuan lainnya yang berisikan 4 set foto Presiden dan Wakil Presiden, 2 bendera merah putih, buku soal-soal, 10 kotak kapur tulis, 2 penghapus papan tulis, 2 atlas, 2 peta dunia, dan 100 papan alas ujian.

3 dari 5 halaman

Anak Kecil Tulis Surat untuk Jokowi

Ilustrasi menulis surat. ©2018 Istimewa

Dua anak kecil mengirim surat untuk Jokowi yang berisi curahan hati karena ayahnya dianiaya di Rutan Polres Subang. Ayahnya yang bernama Ade Diding meinggal dunia pada 11 Juni 2018.

Dalam surat itu, Dua anak bernama Michelle dan Pramudya mengadu pada Jokowi untuk bisa membantu ibunya. Dalam surat itu pula, tertulis bahwa ibunya selalu pergi ke kantor polisi untuk mencari keadilan. "Saya sudah gak punya ayah. Bunda juga selalu pergi ke kantor polisi katanya ingin keadilan buat ayah. Bapak Jokowi bantu bunda saya. Terima kasih bapak Presiden." tulis anak itu.

Namun, soal kasus ini belum mendapat tanggapan dari Presiden Jokowi.

4 dari 5 halaman

Surat untuk Jokowi Agar Dibelikan Kursi Roda

Bulan dapat kursi roda dari Jokowi. ©2018 Istimewa

Anak kelas 3 SD bernama Bulan Karunia Rudianti menulis surat untuk Jokowi, dan ia unggah ke Instagramnya, @bulankarn. Dalam surat itu, ia sering melihat Jokowi membagi-bagikan sepeda. Ia juga ingin seperti itu. Tapi bukan sepeda, melainkan kursi roda. karena Bulan adalah penyandang disabilitas dan tak mempunyai sepasang kaki.

Permintaan Bulan dipenuhi. Kini Bulan bisa menggunakan kursi roda dari Jokowi untuk aktivitasnya sehari-hari.

5 dari 5 halaman

Ingin Jadi Petugas Damkar

Jokowi dan Abdul Holik. ©2018 Instagram/@Jokowi

Presiden Jokowi terharu saat bertemu dengan Mukhlis Abdul Holik. Dia adalah seorang anak yang baru berusia 8 tahun. Perjuangannya untuk mewujudkan cita-cita telah menginspirasi.

Padahal perjuangan Abdul tidaklah mudah. Murid kelas 3 SD ini harus berjalan merangkak sejauh 3 km menuju sekolahnya, SD Negeri X Cibadak, Sukabumi Jawa Barat.

Jokowi terharu saat bertemu dalam acara Hari Disabilitas Internasional Tahun 2018 di Bekasi. Saat ditanya apa cita-citanya? "Menjadi petugas pemadam kebakaran, alasannya untuk menolong orang," katanya. (mdk/has)

Baca juga:
'Semoga Pak Jokowi Sehat Panjang Umur Jadi Presiden Lagi Kalau Bisa'
Jokowi Peringati Hari Disabilitas International di Bekasi
Soal Reuni 212, PSI Nilai Bukti Pemerintahan Jokowi Demokratis
Cerita Tentang Persahabatan Jokowi dan Yusril
Istilah-Istilah Ucapan Amien Rais Memantik Reaksi Kubu Jokowi
DPD PAN Tanah Bumbu Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf