Sabu Seberat 1,4 Kg Diblender Hingga Mirip Jus Sirsak

PERISTIWA | 25 September 2019 11:51 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Timur memusnahkan barang bukti sekitar 1,4 kg sabu dengan cara diblender. Usai dilarutkan dan dihancurkan dalam blender, sabu itu terlihat mirip jus buah sirsak.

Barang bukti disita dari 2 pengungkapan yang dilakukan BNN Kaltim. Pertama tanggal 22 Agustus 2019 dengan 2 tersangka Akhmad Zainullah dan Purwanto. Dari tangan keduanya, petugas menyita 30 bungkus paket sabu seberat 1,4 kg di poros Jalan Samarinda-Bontang.

Berikutnya 2 September 2019, petugas BNN kembali mengungkap kasus narkotika di kawasan Timbau, dari pelaku Andre Susanto. Barang buktinya berupa 95,28 gram sabu.

Untuk memusnahkan 1,4 kg sabu itu, petugas mesti 3 kali memblender. Sebab, tidak cukup semua barang bukti sabu, dituangkan ke dalam blender yang berukuran tidak terlalu besar.

"Kok mirip jus sirsak," kata Kabid Pemberantasan BNN Provinsi Kalimantan Timur AKBP Halomoan Tampubolon, Rabu (25/9).

Usai memblender, dan menumpahkannya ke dalam ember, ketiga tersangka kemudian membuangnya ke dalam lubang kloset. Tujuannya, barang bukti itu benar-benar telah dimusnahkan.

"Kegiatan hari ini, untuk administrasi dan penetapan barang bukti dan forensik, sudah lengkap. Sehingga, kita musnahkan," ujar Tampubolon.

Selain itu, barang bukti plastik klip yang digunakan untuk membungkus sabu itu, juga dimusnahkan ke dalam drum dan kemudian dibakar. "Sekali lagi, bahwa barang bukti ini, sudah benar-benar kita musnahkan," demikian Tampubolon. (mdk/cob)

Baca juga:
VIDEO: Polda Metro Musnahkan Barang Bukti Narkoba
BNN Musnahkan 5,8 Kg Sabu yang Diselundupkan WN Malaysia
150 Kg Ganja Kering Dibakar di Alun-Alun Tigaraksa Tangerang
Polres Jakarta Barat Musnahkan Ratusan Kilogram Sabu
Myanmar Musnahkan Narkoba Senilai 4.246 Triliun
Bareskrim Polri Musnahkan 137 Kg Sabu Hasil Operasi Poseidon, 14 Tersangka Ditangkap

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.