Sambut 4.734 Mahasiswa Baru secara Daring, UMS Pecahkan Rekor MURI

Sambut 4.734 Mahasiswa Baru secara Daring, UMS Pecahkan Rekor MURI
PERISTIWA | 14 Juli 2020 02:02 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia), Senin (13/7). UMS tercatat dalam rekor MURI sebagai perguruan tinggi pertama yang melakukan penyambutan mahasiswa baru secara daring yang diikuti sebanyak 4.734 mahasiswa.

"MURI mengapresiasi apa yang dilakukan UMS, karena di masa pandemi yang masih berlangsung ini, tidak menghalangi UMS untuk terus berkarya," ujar Sri Widayati, perwakilan MURI saat memberikan piagam dari MURI kepada Rektor UMS, Prof Sofyan Anif di Kampus UMS, Senin (13/7).

Menurut dia, dalam acara penyambutan mahasiswa baru atau Masta PMB (Masa Ta’aruf Penerimaan Mahasiswa Baru) itu, UMS tercatat sebagai pemecah rekor ke 9.542 di MURI.

Rektor UMS, Sofyan Anif mengemukakan, dari sekitar 5.000 mahasiswa baru UMS, tidak semuanya bisa mengikuti Masta PMB secara daring. Terutama bagi mahasiswa di Indonesia bagian timur karena kesulitan jaringan.

"Kalau biasanya acara Masta PMB kita lakukan akhir Agustus tapi ini kita majukan karena sudah dapat 5.000-an mahasiswa," katanya.

Kegiatan akademik juga dimajukan meskipun melalui daring. Sedangkan untuk kegiatan perkuliahan akan dimulai 1 September dengan menggunakan blended learning yakni online dan offline.

"Kegiatan dimulai daring dulu selama dua sampai tiga bulan kemudian dilanjutkan offline atau luring," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Untuk kuliah offline, dikatakannya, akan dilakukan akhir Oktober atau awal November mendatang. Sebab ada perkuliahan yang mengharuskan ada tatap muka dan menggunakan laboratorium. Di antaranya kedokteran umum, kedokteran gigi, farmasi, ilmu kesehatan, fisioterapi.

Acara pembukaan Masta PMB UMS tersebut juga dihadiri secara online, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhamamdiyah, Haedar Nashir. Dalam sambutannya Haedar meminta kepada mahasiswa baru UMS untuk memiliki etos yang mampu berdaya saing tinggi.

"Taa'ruf bagi mahasiswa baru ini cukup penting untuk memahami bahwa mahasiswa baru kuliah di UMS dan bukan di universitas lain. Selain itu juga untuk mengenalkan nilai-nilai Islam, apa yang perlu diperdalam dan jadi bagian sehari-hari dan jadi modal di masa depan," pungkas Haedar. (mdk/ray)

Baca juga:
Tutup Atap 28 Tower Dalam 8 Bulan, Meikarta Cetak Rekor MURI
Raffi Ahmad Pecahkan Rekor MURI Live Streaming Youtube 30 Jam Nonstop
Kopi Janji Jiwa Kantungi Rekor MURI, Buka 700 Gerai dalam Setahun
Nobar Gerhana Matahari Cincin di UMSU Medan Pecahkan Rekor MURI
Long Span LRT Menjadi yang Terpanjang di Dunia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami