Sambut Asian Games, 3 dermaga wisata dibangun di Sungai Musi

Sambut Asian Games, 3 dermaga wisata dibangun di Sungai Musi
PERISTIWA | 1 Februari 2018 22:04 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Menyambut Asian Games 2018, Pemerintah Kota Palembang membangun tiga dermaga wisata di Sungai Musi. Palembang menargetkan sungai terpanjang di Sumatera itu sebagai sarana transportasi seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini mengungkapkan, sebenarnya sudah terdapat delapan dermaga di Sungai Musi. Namun tujuh di antaranya baru digunakan untuk transportasi air berkapasitas kecil, seperti speedboat dan getek. Sedangkan kapal wisata dinilai masih kurang karena berada di Dermaga Benteng Kuto Besak (BKB).

"Kita ingin permudah akses wisatawan ke obyek wisata di pinggiran Sungai Musi. Paling tidak ada tiga dermaga yang bakal kita bangun tahun ini," ungkap Isnaini, Kamis (1/2).

Dijelaskannya, dermaga yang menjadi prioritas yakni di BKB, Pulau Kemaro, dan Kampung Arab Al Munawar. Di dermaga tersebut akan dibangun fasilitas pendukung, seperti tenda dermaga, toilet, panggung terapung, dan tenan penjualan souvenir.

"Beda dermaga biasa dengan wisata itu, fasilitasnya lengkap. Untuk anggarannya disediakan Rp 3 miliar," ujarnya.

Menurut dia, masing-masing dermaga wisata akan terkoneksi dengan banyak obyek wisata. Semisal, dermaga wisata BKB untuk menjangkau Tugu Belido, kuliner malam Lorong Basah Pasar 16 Ilir, dan pusat souvenir di bawah Jembatan Ampera.

"Kita ingin memanjakan wisatawan dengan fasilitas lengkap. Kita ingin tunjukkan Palem punya obyek wisata unik dibanding daerah lain," kata dia.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, pihaknya ingin memaksimalkan potensi Sungai Musi sebagai salah satu transportasi utama dan obyek wisata. Selain dermaga wisata, dibangun juga homestay di kawasan 5 Ulu Palembang untuk menampung tamu Asian Games.

"Sejarah membuktikan Kerajaan Sriwijaya sebagai penguasa maritim pada masanya. Nah, kita ingin kembalikan Sungai Musi dikenal di dunia," tuturnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Wapres JK targetkan Indonesia masuk 10 besar di Asian Games
Pesan Wakapolri untuk atlet: Saya istilahkan tak target emas, tapi emas sebanyaknya
Jelang Asian Games 2018, Jusuf Kalla resmikan MOC
Wajah baru Stadion Akuatik GBK siap untuk Asian Games 2018
Sambut Asian Games 2018, BRI luncurkan kartu kredit edisi khusus
Wakapolri resmikan gedung Perjuangan dan Soliditas Atlet Asian Games 2018

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami