Sambut gerhana bulan total, sejumlah titik di Palembang gelar Salat Khusuf

Sambut gerhana bulan total, sejumlah titik di Palembang gelar Salat Khusuf
PERISTIWA | 31 Januari 2018 23:04 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Menyambut Gerhana Bulan Total (GBT) nanti malam, sejumlah organisasi masyarakat dan pemerintah di Palembang menggelar Salat Khusuf. Salat Khusuf dilakukan di beberapa masjid di kota itu.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumsel melalui Kasubag Humas dan Informasi, Saefuddin Latief, mengungkapkan Salat Khusuf di MAN 3 Palembang yang bakal diikuti ratusan jemaah dari tokoh agama dan kalangan siswa. Sebelumnya akan dilakukan peneropongan hilal untuk memantau pergerakan gerhana bulan.

"Kita gelar nanti malam, salat Khusuf ini bersifat umum, siapapun mau ikut silakan datang," ungkap Saefuddin, Rabu (31/1).

Sementara itu, ormas Front Pembela Islam (FPI) Sumsel mengajak umat muslim salat Khusuf berjemaah di Masjid Daarul Muttaqien Pasar Kuto Palembang. "Ketimbang melakukan kegiatan negatif, mending salat Khusuf karena adalah sunah Nabi saat gerhana bulan," kata Ketua FPI Sumsel, Habib Mahdi.

Pengurus Masjid Agung Palembang juga memfasilitasi warga untuk salat Khusuf berjemaah. Diperkirakan, ratusan jemaah akan hadir, seperti saat Gerhana Matahari Total beberapa tahun lalu.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumsel, Aflatun Muchtar, mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat sunah ini karena gerhana bulan jarang terjadi dan merupakan kekuasaan sang pencipta.

"Dalam menikmati peristiwa ini dapat meningkatkan keimanan, kemudian disikapi dengan zikir dan ibadah," jelas dia. (mdk/lia)

Baca juga:
MUI imbau Umat Islam salat gerhana, ini tata caranya
BMKG ingatkan warga pesisir utara waspada tingginya air laut saat gerhana bulan
Kelakar Jokowi soal gerhana bulan: Yang jelas nonton di langit, enggak di tanah
Curah hujan diprediksi meningkat akibat fenomena supermoon
Ponpes Assalaam siapkan 16 teropong buat warga nikmati gerhana bulan
BMKG sebut super blue blood moon besok berdurasi terlama sepanjang abad ini
BMKG minta waspadai kenaikkan rob saat 'super blue blood moon'

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami