Sambut Idul Fitri, HMI Ajak Semua Kalangan Rawat Kerukunan Antarumat Beragama

PERISTIWA | 4 Juni 2019 10:33 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Respiratori Saddam Al-Jihad mengajak semua kalangan untuk membersihkan segala bentuk hasud dan saling menjatuhkan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Dia menegaskan hari kemenangan ini juga harus dimaknai sebagai momentum persatuan untuk umat dan bangsa.

"Keteduhan 1 Syawal dapat membersihkan segala bentuk hasud dalam bulan Ramadhan. Dan menghapuskan segala macam sifat yang saling menjatuhkan, memecah belah persaudaraan, dan saling mencari kesalahan orang lain. Oleh karenanya 1 Syawal 1440 Hijriah sebagai momentum memaafkan dan menjaga persatuan keumatan dan kebangsaan," tegas Saddam dalam keterangannya, Selasa (4/6/2019).

Kandidat Doktor Ilmu Pemerintahan ini mengatakan masyarakat masih ingat dengan dinamika politik kebangsaan yang terjadi dewasa ini. Penting kiranya untuk saling mendewasakan pandangan terhadap nilai-nilai kebangsaan guna mendapatkan kemenangan bersama dan kemenangan persaudaraan. Artinya tidak ada lagi opini yang dibuat hanya untuk kepentingan sesaat, jauh lebih penting mendahulukan kepentingan umat dan bangsa untuk kepentingan masa depan Indonesia.

Saddam mengatakan bahwa momentum persatuan dalam 1 Syawal 1440 Hijriah ini menjadi pertanda baik untuk saling mempererat silahturahmi, merawat kerukunan antar umat beragama, antar suku bangsa dan antar budaya. Hal itu dilakukan demi terciptanya persatuan yang mengedepankan nilai-nilai luhur.

Terakhir penulis buku 'Pancasila Ideologi Dunia' ini mengharapkan momentum Hari Raya Idul fitri dan bulan Syawal jangan dicederai lagi dengan saling hasud yang menciptakan hoaks. Sehingga menumbuhkan perseturuan di masyarakat. Mari lupakan perseturuan, rajut persatuan, tolak setiap kerusuhan dan kekisruhan politik. Karena itu semangat kemenangan 1 Syawal 1440 Hijriah harus dijaga demi persatuan bangsa Indonesia.

Baca juga:

Operasi Pasar Bulog Salurkan 225.000 Ton Beras Sepanjang Ramadan 2019

Hingga H-2 Lebaran 2019, Pemerintah Catat Tingkat Kecelakaan Turun 15 Persen

Libur Lebaran 2019, Ancol Target Raup 436.000 Pengunjung

Komedian Sapri Ajak Nagita Slavina Lebaran Bareng, Raffi Ahmad Ngamuk

Menhub Budi Sebut Puncak Arus Balik Lebaran 2019 Terjadi di 8 dan 9 Juni

Ikuti Hasil Rukyat Global, Jemaah Majelis Taqorrub Ilalloh Garut Lebaran Hari Ini

Ini Skema Pengaturan Arus Balik Lebaran 2019 Bakauheni-Merak

(mdk/ded)

TOPIK TERKAIT