Sandiaga Sebut Ekonomi Keluarga Ada di Ibu-ibu

PERISTIWA | 11 Desember 2019 08:38 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ibu-ibu merupakan kekuatan ekonomi bagi keluarga. Karena bukan hanya bisa untuk berbelanja saja, tapi juga bisa menghasilkan suatu usaha.

"Kekuatan ekonomi keluarga itu adanya di ibu-ibu, karena belanja ibu-ibu yang belanja, penghasilan ibu-ibu juga bisa menghasilkan kalau punya produk-produk UMKM, Kuliner, kecantikan, fashion dan lain sebagainya," katanya dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (11/12).

Bukan hanya itu, dengan cara memperkuat ekonomi umat. Nantinya masyarakat bisa dapat mandiri dari segi pertumbuhan bangsa nantinya.

"Dengan kita memperkuat ekonomi umat, perlambatan ekonomi yang mulai terasa ini bisa kita lalui, mudah-mudahan 2 atau 3 tahun ke depan kita bisa mandiri dari segi pertumbuhan bangsa ke depan," ujarnya.

Menurutnya, para ibu-ibu mempunyai pasar yang sangat kuat. Terlebih, dimana mereka mempunyai suatu perkumpulan atau majelis taklim yang bukan hanya melakukan silaturahim saja.

"Paling tidak, apa yang dikonsumsi sehari-hari bisa diproduksi dari segi pangan, dari lingkungannya sendiri di majelis taklimnya, bagaimana busana yang dipakainya bisa beli dari produk-produk anak bangsa, kekuatan majelis taklim ini kan silaturahim. Silaturahim kuat ini mereka bisa jejaring sampai majelis ini punya jejaringan yang kuat, ini bisa jadi pasar yang kuat juga," jelasnya.

Lalu, bukan hanya memanfaatkan majelis taklim saja. Para ibu-ibu ini juga bisa memanfaatkan perkembangan digital dalam menggunakan media sosial.

"Digital ini dapat kita gunakan untuk hal-hal yang sangat positif ya. Kalau misalnya digital ini hanya digunakan medsos untuk hal-hal yang tidak produktif, akan disayangkan. Justru digital ekonomi, revolusi industri 4.0 ini kesempatan ibu-ibu," ungkapnya.

"Kalau dulu mereka susah masang iklan di media untuk produknya. Sekarang mereka melalui sosmed bisa mengiklankan produk-produknya kepada komunitasnya sendiri. Ini menurut saya malah dapat menjadi peluang kita gunakan digitalisasi sebagai langkah mereka meningkatkan pelaporan keuangannya," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Apabila mereka dapat meningkatkan skala usahanya dan kemandirian ekonominya juga meningkat. Maka mereka dapat membuka lapangan kerja lebih luas lagi.

"Kemampuan kita bukan hanya sebagai konsumtif, tapi juga menjadi bagian masyarakat yang produktif. Saya yakin juga dibalik suatu kesulitan Allah akan memberikan banyak kemudahan. Kalau kita alami kesulitan kita berprasangka baik saja pada Allah. Jadi itukan roda, saya sekarang ini sedang merasakan roda itu di bawah saat ini, tapi ini lagi berputar," ucapnya.

"Kalau kita di bawah harus bersabar, sebentar lagi akan ada di atas. Kalau di atas kita jangan jumawa, tapi bersyukur. Kita bangun ekonomi kita bergegas, kemarin setelah April saya istirahat sebentar saya langsung bergerak lagi untuk memastikan bahwa ekonomi kita tumbuh berkembang, penghidupan emak-emak diseluruh wilayah Indonesia ini bisa terus mendapatkan perhatian yang Insya Allah akan membawa penghidupan mereka lebih baik lagi," tutupnya.

Diketahui, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi pembicara dalam acara diskusi Ekonomi Keumatan dalam rangka milad ke 10 MT Aisyah di kediaman Aa Gym, Serpong, Tangerang Selatan. (mdk/fik)

Baca juga:
Sandiaga: Kok Kita Jadi Negara Pengimpor Terbesar Produk Halal?
Najwa Shihab dan Sandiaga Uno Kaget Erick Thohir Sudah Jago Bicara Seperti Politisi
Menteri Erick Soal Peluang Sandiaga jadi Direksi BUMN: Tidak Mungkin
Sandiaga Pastikan Ketum Gerindra Tetap Prabowo
Sandiaga Sebut 6 Bulan Ini Pengangguran di DKI Meningkat, Ada 50 Ribu Jiwa
Keluar Masuk Sandiaga Uno, Sampai Dikabarkan akan Pimpin Gerindra

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.