Sandiaga Siapkan Program untuk Mempercepat Digitalisasi Industri Kuliner

Sandiaga Siapkan Program untuk Mempercepat Digitalisasi Industri Kuliner
Sandiaga Uno di Sleman. ©2021 Merdeka.com/Sulaeman
NEWS | 22 Mei 2021 08:33 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya digitalisasi industri kuliner sebagai salah satu sektor ekonomi kreatif yang menempati posisi teratas. Menurutnya, digitalisasi perlu dilakukan sebagai bentuk adaptasi industri kuliner yang kurang bergairah selama masa pandemi Covid-19.

Sandi bilang, untuk mempercepat digitalisasi tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyiapkan berbagai program. Seperti pelatihan dan pendampingan agar industri kuliner mampu bertahan.

"Kemarin ada beberapa acara yang kita fasilitasi memberikan keterampilan khusus kepada masyarakat yang bergerak di sektor kuliner untuk beradaptasi dengan digitalisasi," kata Sandiaga dalam keterangannya, Sabtu (22/5).

Meski demikian, kata politisi Gerindra ini, digitalisasi saja tidaklah cukup. Perlu ada cerita di balik produk tersebut untuk menambah nilai jual.

"Bukan hanya menjual online, tapi mereka bisa juga membuat konten agar produk mereka bercerita, produk mereka memiliki story telling," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Sandi, digitalisasi ini dilakukan sejalan dengan penerapan konsep pariwisata era baru. Dalam konsep itu, kuliner menjadi salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam menjangkau indera perasa para wisatawan.

"Kalau kita ada wisata itu ada to see, to do, dan to buy. Kita ada beberapa indera perasa, jadi itulah konsep pariwisata era baru, jadi menyentuh sense, menyentuh indera perasa tersebut," kata Sandiaga. (mdk/ray)

Baca juga:
3 Strategi Menteri Sandiaga Genjot Daya Saing Pelaku Ekonomi Kreatif Saat Pandemi
Menparekraf Sandiaga: Perlu Konten Digital Pasarkan Kerajinan Produk Perak
Dana Hibah Rp3,7 T jadi Asa Kebangkitan Pelaku Pariwisata Usai Pelarangan Mudik
Rizieq Syihab Pertanyakan Kerumunan Jokowi, Ahok Hingga Ancol Tak Dipidanakan
Sandiaga Uno Apresiasi Upaya Pemda Tutup Sementara Lokasi Wisata Tak Taat Prokes

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami