Sandiaga Uno Ajak Pelaku UMKM Saling Berkolaborasi di Tengah Pandemi

Sandiaga Uno Ajak Pelaku UMKM Saling Berkolaborasi di Tengah Pandemi
PERISTIWA | 4 Juli 2020 20:29 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Pengusaha nasional Sandiaga Salahudin Uno mengatakan para pelaku usaha terutama pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), diminta untuk melakukan penyesuaian strategi bisnis dan manajemen keuangan menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini juga mengajak para pelaku UMKM untuk berkolaborasi dengan pengusaha UMKM lain untuk perkuat ekonomi nasional.

"Dan yang terpenting, kita harus melakukan kolaborasi dengan pelaku UMKM lain untuk memperkuat agar bisa mandiri di pasar negeri sendiri. Kemudian menyiapkan rencana pemulihan pasca bencana," kata Sandi dalam sebuah diskusi online, Sabtu (4/7).

Selain itu, pelaku usaha juga harus bisa memodifikasi produk dengan melihat kebutuhan pelanggan pada masa pandemi saat ini. "Pada masa pandemi sekarang, pelaku usaha harus adjusting their business model canvas. Jadi, dilihat lagi BMC-nya dan disesuaikan dengan kondisi saat ini," tuturnya Sandi.

Talkshow yang sudah diadakan sebanyak lima sesi secara daring ini turut menghadirkan Dayu Dara Permata, selaku CEO & Founder Pinhome dan juga Shierly, sebagai Financial Planner Finansialku.com.

Acara ini juga turut didukung oleh BEM KM Universitas Tamansiswa Padang, BEM KM Universitas Negeri Padang, HMJ-IP FISIP Universitas Andalas, HMI ISIP Universitas Andalas, Himpunan Mahasiswa Manajemen FE Universitas Andalas, Komunitas Muda Literat Indonesia, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Komunitas Suduik Minang.

Sementara itu, Dayu Dara Permata mengaku sangat terdampak wabah Covid-19 dan sempat merasa takut dengan kondisi ini. Namun dia tetap memiliki keyakinan bahwa kondisi ini tidak akan bertahan selamanya.

"Kita tuh harus sering-sering berinteraksi dengan seseorang yang bisa menginspirasi dan bisa dijadikan mentor untuk sharing-sharing ilmu," jelas Dayu.

Hal senada juga disampaikan Shierly, yang mengatakan pada masa pandemi saat ini penting untuk tetap 'sehat' secara finansial dengan cara melakukan resolusi keuangan.

Selain itu, masyarakat diminta melakukan transformasi cara mengelola uang dan mencari teman yang memiliki habit keuangan yang sehat serta tidak boros serta yang tidak kalah penting adalah melakukan investasi untuk otak.

"Salah satu caranya dengan mengikuti kelas-kelas pelatihan online yang diadakan oleh Rumah Siap Kerja," pungkasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Dilengkapi Tempat Tidur, Intip Ruang Kerja Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Dorong Milenial Manfaatkan Teknologi untuk Buka Lapangan Kerja
Raffi Ahmad Senang Sandiaga Uno Mau Investasi di Rans, Nagita Bisa Beli Mal?
Sandiaga Uno Bagikan 350 Paket Sembako Kepada Pemulung dan Buruh Harian
Cara Sandiaga Uno Wujudkan Mimpi BJ Habibie di Bidang Teknologi
Sandiaga Beri 4.600 APD Buat Tenaga Medis di RSPI Sulianti Saroso

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami