Sandiaga Uno Usul Pembangunan Taman Hidroponik untuk Bantu Ekonomi Warga

Sandiaga Uno Usul Pembangunan Taman Hidroponik untuk Bantu Ekonomi Warga
PERISTIWA | 27 November 2020 23:14 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menggagas pembangunan taman hidroponik untuk membantu kemandirian ekonomi warga dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

"Gagasan urban farming dengan konsep ekosistem terpadu budi daya Ikan yang terintegrasi dengan sistem produksi sayuran merupakan inovasi yang memberikan dampak besar bagi keberlangsungan hidup," ujar Sandiaga di Jakarta Timur, Jumat (27/11).

Karena itulah, Sandiaga membantu Kelompok Tani D'syafa yang dikelola warga Kampung Becek, Kelurahan Malaka, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Dia mengatakan, dengan inovasi urban farming gagasannya itu, Kelompok Tani D'syafa dapat menciptakan pasarnya sendiri.

Bantuan yang diberikan berupa 200 unit paket budikdamber, 10.000 ekor bibit lele, 2400 Pot kangkung, 4 instalasi hidroponik, dan 800 kg pakan lele.

Selain itu, dia juga memberikan pelatihan pengelolaan budidaya pangan dari pakar pertanian. Diharapkan masyarakat ke depannya memiliki keahlian untuk menjalankannya secara mandiri dan berkelanjutan.

Selain manfaat ekonomi, Sandiaga berharap kegiatan ini dapat menguatkan rasa kebersamaan dan menciptakan budaya gotong royong dalam lingkungan tempat tinggal melalui kelompok tani dan usaha UMKM. Dengan begitu, target UMKM kelompok tani tersebut bisa membuka lapangan kerja bagi warga.

"Semoga usaha kemandirian pangan hasil swadaya warga, dapat berperan dalam membangun perekonomian nasional," kata Sandiaga.

Baca Selanjutnya: Adapun Kelompok Tani D'Syafa sudah...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami