SAR Indonesia-Malaysia Operasi Bersama Cari Bocah Tenggelam di Batas Laut

SAR Indonesia-Malaysia Operasi Bersama Cari Bocah Tenggelam di Batas Laut
Ilustrasi orang tenggelam. ©blogspot.com
NEWS | 3 November 2020 13:51 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Dua anak kakak beradik di Tawau, Malaysia, Madsun bin Telson (5) dan Nazwa binti Telson dilaporkan tenggelam, Jumat (30/10) sore. Madsun ditemukan meninggal di perairan Indonesia, Minggu (1/11). SAR gabungan kedua negara menggelar operasi SAR bersama pencarian Nazwa.

Keterangan diperoleh, peristiwa itu terjadi saat kedua korban sedang mencari ikan di pinggir jeti Kampung Bergosong, perairan Tawau. Sang kakak, Nazwa, tergelincir ke laut.

Namun nahas, sang adik Madsun yang mencoba menolong kakaknya, ikut terseret arus laut. Keduanya dinyatakan hilang oleh aparat pemerintah dari kota Kinabalu, Malaysia.

Balita Madsun, ditemukan tidak bernyawa hari Minggu (1/11) siang lalu, di perairan Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara oleh nelayan yang melintas saat mencari ikan. Jenazah diserahkan ke pemerintah Malaysia di Tawau, untuk dimakamkan.

"Satu korban lagi, belum ditemukan," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tarakan, Amiruddin, dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (3/11).

Amiruddin menerangkan, SAR Malaysia meminta untuk melakukan operasi SAR bersama di perbatasan perairan RI di Kalimantan Utara, dengan Malaysia. "Karena korban pertama, ditemukan di perairan Indonesia," ujar Amiruddin.

"Operasi SAR ini masing-masing sesuai batas wilayah. Jadi kami tidak masuk ke wilayah Malaysia, mereka (SAR) Malaysia pun tidak masuk ke wilayah Indonesia," sambungnya.

Selain Basarnas dari pos SAR Nunukan, unsur SAR lainnya yang terlibat adalah TNI AL, Polair Sebatik dan masyarakat nelayan.

"Ini operasi SAR ketiga dari SAR Indonesia, sesuai SOP 7 hari. Kita menyesuaikan situasi di lapangan berkoordinasi dengan SAR Malaysia," tandas Amiruddin. (mdk/ray)

Baca juga:
Pemuda Tenggelam di Kali Bekasi Ditemukan Tewas
Berenang Menyeberangi Sungai, Santri di Ogan Ilir Tenggelam Lalu Hilang
Ingin Menolong, Toni Hanyut saat Seberangi Sungai Ular
Tim SAR Lanjutkan Pencarian Penumpang Loncat dari Kapal Ferry Merak-Bakauheni
Ditinggal Teman Kejar Layangan, Bocah 10 Tahun Hilang di Sungai Kampung Pulo

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami