Satgas Covid-19: Daerah Zona Merah dan Oranye Wajib Salat Id di Rumah

Satgas Covid-19: Daerah Zona Merah dan Oranye Wajib Salat Id di Rumah
Gubernur DKI dan Wakil Gubernur Salat Idul Adha. ©2020 Liputan6.com/Immanuel Antonius
PERISTIWA | 4 Mei 2021 16:12 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengingatkan, pelaksanaan salat Idulfitri 2021 harus mempertimbangkan zona risiko penularan virus corona. Masyarakat yang berada di zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19 diwajibkan melaksanakan salat Idulfitri di rumah.

"Bagi masyarakat yang berada di zona risiko merah dan oranye maka diwajibkan untuk salat Id di rumah saja," katanya dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (4/5).

Sementara itu, masyarakat yang berada di zona risiko kuning dan hijau diizinkan melaksanakan salat Idulfitri di masjid. Namun, Wiku mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat menunaikan salat Idulfitri.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan dan diikuti maksimal 50 persen jemaah dari total kapasitas masjid. Setelah itu, jemaah membawa perlengkapan salat sendiri," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan pelaksanaan salat Idulfitri di ruang terbuka, karena keleluasaan mengatur jarak antar jemaah. Dia kembali mengingatkan agar pelaksanaan ibadah tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mempertimbangkan untuk mengizinkan pelaksanaan salat Id di area terbuka, karena mudah untuk mengatur jaraknya," ucap Anies dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Selasa (4/5).

Mengenai regulasi detil saat pelaksanaan ibadah salat Idul Fitri, akan diatur dalam Surat Edaran Sekretaris Daerah (Sekda) DKI.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, seluruh pihak wajib bersiaga mengantisipasi potensi lonjakan kasus kembali jelang hari raya lebaran atau pasca lebaran. Terlebih lagi, imbuhnya, klaster penularan Covid-19 kembali muncul seperti di pasar, perkantoran, dan tempat-tempat publik lainnya.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Jaga Keamanan Jelang Lebaran, Polda Metro Terjunkan 4 Ribu Personel
Pernak-pernik Lebaran Mulai Dijual
Layanan Pengiriman Kebanjiran Pesanan Jelang Lebaran Saat Pandemi
Kerap Dianggap Tak Baik, Ini Saran Dokter UI Jika Ingin Santap Nasi Goreng saat Sahur
Potret Kebersamaan Buka Puasa di Gereja Santa Anna Barcelona
14 Narapidana di Kalsel Bebas pada Hari Lebaran

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami