Satgas Covid-19 Pastikan BPOM Pantau Vaksinasi Covid-19 di Bulan November

Satgas Covid-19 Pastikan BPOM Pantau Vaksinasi Covid-19 di Bulan November
PERISTIWA | 15 Oktober 2020 17:42 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 yang akan diberikan pada November berada dalam pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan BPOM melakukan evaluasi terhadap uji klinis yang dilakukan dalam pelaksanaan uji vaksin tersebut.

"Kita memastikan BPOM melakukan evaluasi ini terhadap protokol uji klinis yang dilakukan dan selalu melakukan inspeksi dalam pelaksanaan uji klinis tersebut dan untuk mencapai tujuan memastikan bahwa keamanan dan efektivitas vaksin tersebut tercapai," kata Wiku dalam siaran telekonference, Kamis (15/10).

Dia juga menjelaskan vaksin tersebut juga melalui persyaratan mutu produk. Yaitu sertifikasi pembuatan obat yang baik, sarana produksi vaksin hingga proses akhir produk.

"Selain itu persyaratan mutu produk melalui sertifikasi CPOB, yaitu cara pembuatan obat yg baik, sarana produksi dari vaksin dan juga proses finish produk juga diperhatikan," ungkap Wiku.

Harapannya kata Wiku nantinya bisa diterbitkan izin edar obat baik melalui BPOM. Hal tersebut juga sesuai dengan hasil yang didapat. Sementara itu, Wiku juga menjelaskan hingga saat ini belum ada laporan terkait efek samping yang diterima para relawan.

"Sejauh ini belum ada laporan efek samping yang diterima relawan dalam uji klinis vaksin tersebut," kata Wiku. (mdk/rhm)

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami