Satgas: Jakarta dan Jabar Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak Sejak Awal Pandemi

Satgas: Jakarta dan Jabar Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak Sejak Awal Pandemi
Tim medis di RS Persahabatan. ©REUTERS/Willy Kurniawan
PERISTIWA | 4 Maret 2021 18:44 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan perkembangan data kumulatif kasus Covid-19 dalam 11 bulan terakhir. Data terhitung sejak awal Maret 2020 hingga akhir Februari 2021.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan dalam 11 bulan terakhir, Pulau Jawa dan Bali konsisten menyumbang kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia.

"Hal ini dibuktikan dengan hampir seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali selalu berada dalam 10 besar dan hampir di setiap bulan kecuali bulan Oktober 2020 di mana hanya 4 provinsi dari Pulau Jawa dan Bali masuk dalam 10 besar," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis (4/2).

Jika dilihat lebih spesifik, provinsi di Pulau Jawa selalu mengontribusi kasus Covid-19 tertinggi. Bahkan empat dari 10 provinsi di Pulau Jawa yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur hampir selalu menduduki empat besar dengan kasus Covid-19 tertinggi sejak April 2020 hingga Februari 2021.

Meski demikian, lanjut Wiku, perkembangan penambahan kasus Covid-19 di 10 provinsi Pulau Jawa mengalami sedikit penurunan pada Februari 2020. Sejak awal pandemi Covid-19, 10 provinsi Pulau Jawa menyumbang lebih dari 90 persen kasus Covid-19 di Indonesia.

Namun, pada Februari 2021, 10 provinsi Pulau Jawa hanya menyumbang 80 persen kasus Covid-19 di Indonesia.

"Hal ini menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, dengan karakteristik Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan karakteristik wilayah yang bervariasi, kasus Covid-19 mulai menyebar ke banyak provinsi di Indonesia. Sehingga saat ini, kontribusi 10 provinsi ini tidak setinggi pada awal pandemi," sambungnya.

Bila dibandingkan dengan 13 pulau di Indonesia, Pulau Jawa berada pada posisi pertama dengan kontribusi kasus Covid-19 tertinggi. Penyebabnya, provinsi di Pulau Jawa memiliki jumlah populasi yang lebih banyak daripada provinsi pulau lainnya.

"Dapat disimpulkan bahwa sejak awal pandemi hingga sekarang penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia konsisten berasal dari Pulau Jawa khususnya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," tutupnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Jawa Barat dan DKI Laporkan Kasus Kematian Covid-19 Tertinggi Hari Ini
4 Maret: Pasien Sembuh Covid 6.440, Tertinggi Jakarta dan Jabar
Awal Mula Varian Baru Virus Corona Masuk ke Indonesia dari TKI di Karawang
Disebut Kebobolan Varian Baru Covid-19 B117, Ini Penjelasan Satgas
Pulang ke Brebes, TKI Pembawa Varian Virus Corona Baru Isoman & Diawasi Ketat
Satgas: Vaksin Sinovac Masih Efektif Lawan Mutasi Covid-19 B117
Data 4 Maret: Bertambah 7.264, Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Menjadi 1.361.098

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami