Satgas: Juli Menjadi Bulan Tingkat Kematian Tertinggi Selama Pandemi di RI

Satgas: Juli Menjadi Bulan Tingkat Kematian Tertinggi Selama Pandemi di RI
lahan baru pemakaman covid-19 di Tangsel. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki
NEWS | 29 Juli 2021 19:10 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan, tingkat kematian akibat virus corona meningkat pesat. Dia mengatakan, jumlah kematian tertinggi terjadi pada bulan Juli 2021 ini.

"Kematian di Indonesia bertambah lebih dari 1000 setiap harinya, bahkan pada tanggal 27 Juli lalu kematian harian mencapai 2.069 dalam satu hari, jumlah kematian di bulan Juli ini menjadi bulan dengan kematian paling banyak selama pandemi di Indonesia," katanya saat jumpa pers perkembangan penanganan Covid-19, Kamis (29/7).

Dia mengatakan, jika dilihat provinsi yang mengalami tingkat kematian mingguan per tanggal 25 Juli lalu, ada 5 dari 10 provinsi berasal dari luar Jawa Bali yang tingkat kematiannya tinggi. Meski Jawa Tengah, Jawa Timur dan DKI masih menjadi penyumbang tertinggi jumlah kematian namun.

"Kita perlu waspada juga dengan Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan yang turut menajdi penyumbang tertinggi kematian mingguan," ungkapnya.

"Hal ini harus menjadi alarm bagi pemerintah daerahnya karena sebagian besar kabupaten kota di provinsi tidak menjalankan PPKM Level 4," pungkasnya.

Sementara, kasus positif Covid-19 di RI masih terus meningkat. Dari data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Kamis (28/7) hari ini, tercatat ada penambahan 43.479 orang terpapar virus corona.

Dengan jumlah tersebut, total akumulatif kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 3.331.206 sejak virus corona terdeteksi pada bulan Maret 2020 tahun lalu.

Sementara, kasus sembuh di Indonesia bertambah sebanyak 45.494 orang. Dengan penambahan itu, sudah 2.686.170 yang sembuh dari virus asal Wuhan, China tersebut.

Sedangkan, kasus kematian akibat Covid-19 juga terus bertambah. Pada hari ini ada penambahan sebanyak 1.893 orang meninggal karena corona. Sehingga, total orang meninggal di Indonesia menjadi 90.552 orang. (mdk/bal)

Baca juga:
Dokter Paru Nilai CT Value Bukan Patokan Tepat Aman dari Covid-19
Menteri PUPR: Pandemi Momentum Modernisasi Jalan Tol
Pemerintah Perpanjang Jangka Waktu Stimulus Ketenagalistrikan Ringankan Beban Rakyat
Update Covid per 29 Juli: Pasien Sembuh Lebih Tinggi dari Penambahan Jumlah Positif
Tujuh Hari Berturut Kasus Covid-19 Harian Tembus 6.000, Vietnam Perpanjang Lockdown
"Tinggal Beberapa Kali Mutasi Lagi Virus Ini Bisa Kalahkan Vaksin"

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami