Satgas Minta 5 Provinsi dengan Penambahan Kasus Covid-19 Tertinggi Lakukan Evaluasi

Satgas Minta 5 Provinsi dengan Penambahan Kasus Covid-19 Tertinggi Lakukan Evaluasi
PERISTIWA | 27 Oktober 2020 21:02 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kembali merilis data perkembangan kasus Covid-19 di setiap provinsi pada hari ini, Selasa (27/10). Terdapat lima provinsi yang menjadi perhatian Satgas Covid-19 pekan ini. Sebab, kasusnya melonjak bila dibandingkan pekan lalu.

Kelima provinsi tersebut secara berurutan, yakni Jawa Barat dengan kenaikan 627 kasus, Banten 345 kasus, Kepulauan Riau 238, Riau 234, dan Jawa Tengah 184 kasus.

Wiku melihat, kelima provinsi tersebut lengah dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan. Oleh karena itu, ia meminta kepala daerah pada lima provinsi itu untuk mengevaluasi terkait penerapan protokol kesehatan.

“Bagi daerah yang masuk ke dalam lima besar kasus tertinggi, kami meminta agar segera dievaluasi. Jangan berlomba-lomba masuk ke lima besar kasus positif karena ini bukan sebuah prestasi,” ujar Wiku.

Dia meminta seluruh provinsi untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan angka kesembuhan, bukan angka kasus positif apalagi angka kematian. Pada minggu ini, jumlah penambahan kasus sembuh tertinggi diraih oleh Provinsi Riau. Naik 1.874 kasus sembuh. Selanjutnya Sumatera Barat kasus sembuhnya naik 587, Sulawesi Tenggara naik 542, Sumatera Selatan naik 127, dan Jambi kasus sembuhnya naik 81 kasus.

Sementara itu, secara keseluruhan sejak awal pandemi ini mewabah, persentase kesembuhan tertinggi dipimpin oleh Provinsi Gorontalo. Angka kesembuhan mencapai 94,5 persen. Disusul Provinsi Bali 89,8 persen, Kalimantan Selatan 89,5 persen, Jawa Timur 88,16 persen, dan di urutan kelima diraih oleh Maluku Utara dengan angka kesembuhan 88,12 persen.

“Dimohon kepada seluruh provinsi yang telah disebutkan agar mempertahankan dan meningkatkan angka kesembuhan. Kepada provinsi lainnya, berlomba-lombalah untuk mencapai angka kesembuhan yang tertinggi,” kata Wiku.

Baca Selanjutnya: Meskipun penambahan kasus positif minggu...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami