Satgasus Merah Putih Polri Diminta Intensif Pantau Jaringan Narkoba Internasional

Satgasus Merah Putih Polri Diminta Intensif Pantau Jaringan Narkoba Internasional
Rilis pengungkapan 821 Kg sabu. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 12 Juni 2020 20:44 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Satgasus Merah Putih diminta Komisi III DPR lebih intensif memantau jaringan bandar narkoba internasional setelah berhasil mengungkap sejumlah kasus narkoba. Teranyar Satgasus Merah Putih membongkar 402 kilogram sabu-sabu di Sukabumi pekan lalu.

"Bravo Polri yang berhasil membongkar kasus ini (penyelundupan 402 kilogram sabu di Sukabumi). Jumlah barang bukti yang diamankan luar biasa, berarti Polri sudah menyelamatkan ratusan ribu orang dari bahaya narkoba," kata Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman, Jumat (12/6).

Dia mengingatkan para bandar narkoba harus dihukum berat karena tindakan yang dilakukan dapat membuat kehancuran berbagai kalangan, khususnya generasi muda. Karenanya, Habiburokhman meminta pemantauan terhadap jaringan internasional harus dilakukan Satgasus Merah Putih dengan sangat maksimal.

Dia meyakini masih banyak jaringan internasional narkoba yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar besar mereka. "Ke depan, (Satgasus Merah Putih) harus lebih giat lagi lakukan pemantauan jejaring bandar narkoba internasional. Mereka enggak akan jera kalau tidak ditangkap dan dihukum berat," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan media, tim khusus Satgasus Merah Putih yang dipimpin Kombes Pol Herry Heryawan kembali mengungkap peredaran sabu jaringan Iran di Sukabumi, Jawa Barat, pada 4 Juni silam. Lima pelaku diamankan dengan barang bukti 402 kilogram narkotika jenis sabu.

Pengungkapan kasus besar bukan sekali ini dilakukan Satgasus Merah Putih. Sepanjang 2020 saja, setidaknya Satgasus Merah Putih yang kini dikepalai Brigjen Ferdy Sambo telah menggagalkan peredaran lebih dari 1,6 ton sabu-sabu, diantaranya 288 Kg sabu di Serpong, Tangerang, pada 30 Januari dan 821 kg sabu di Banten pada 25 Mei dan 402 peredaran sabu jaringan Iran di Sukabumi, Jawa Barat pada 4 Juni silam. (mdk/gil)

Baca juga:
Polres Bandara Musnahkan 3.018 Gram Sabu & 130 Ekstasi Tangkapan 3 Bulan Terakhir
8 Ton Ganja di Ladang Kabupaten Madina Dimusnahkan
Polrestro Jakbar Musnahkan 29,5 Kg Sabu dan 791 Butir Ekstasi Tangkapan Maret-Mei
Gunakan Ganja buat Redakan Nyeri Saraf Kejepit, Reynhardt Berakhir Seperti Fidelis
Napi Lapas Banceuy Kontrol Peredaran Narkoba di Tasikmalaya
Seorang Warga Aceh Ketahuan Bawa 3 Kg Ganja Saat Diperiksa di Check Point Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami