Satu Sembuh, Muncul Lagi Satu Pasien Positif Covid-19 di Riau

Satu Sembuh, Muncul Lagi Satu Pasien Positif Covid-19 di Riau
PERISTIWA | 29 Maret 2020 20:31 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Seorang warga Pekanbaru yang ikut jamaah tabligh akbar di Malaysia kembali terinfeksi virus corona (Covid-19). Kini dia dirawat di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, sebagai pasien positif Corona kedua.

Padahal, pasien positif Corona yang pertama baru saja diumumkan sembuh. Kedua pasien itu sama-sama pernah ikut tabligh akbar di Malaysia sebelum terinfeksi.

Gubernur Riau Syamsuar didampingi Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Indra Yovi membenarkan hal itu. Dia menyebutkan, pasien yang diketahui inisial A itu tengah menjalani perawatan.

"Iya benar, ada penambahan kasus positif Corona yang kedua," ujar Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit, Minggu (29/3).

Syamsuar menjelaskan, pasien kedua ini tidak berbeda dengan pasien sebelumnya yakni M, sebab pria berusia 42 tahun itu juga terinfeksi virus mematikan itu sejak pulang dari Malaysia.

"Keduanya mengikuti kegiatan Tablig Akbar di Sri Petaling, Kuala Lumpur, Malaysia, pada akhir Februari yang lalu," kata politisi Partai Golkar itu.

Syamsuar kembali meminta kepada masyarakat Riau yang mengikuti kegiatan tabligh akbar di Kuala Lumpur, agar segera melapor, atau dapat menghubungi call center 0761- 23810. Hal itu dilakukan agar jamaah diperiksa kesehatannya, dan tidak berinteraksi dengan masyarakat lain.

"Kita mengimbau agar masyarakat, tetap tenang dan jangan panik, lakukan pembatasan fisik (physical distancing), tetap di rumah dan hindari keramaian, rutin mencuci tangan dengan sabun, jaga pola hidup sehat, tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya," jelasnya.

Untuk diketahui, dari situs resmi Pemprov Riau Corona.riau.go.id memaparkan terdapat sekitar 7.114 orang masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan hingga saat ini.

Sebanyak 97 orang di antaranya telah selesai dilakukan pemantauan. Sehingga jumlah ODP saat ini mencapai 7.017 orang. Jumlah itu tersebar di 12 kabupaten dan kota yang ada di Riau. (mdk/did)

Baca juga:
Jakarta Disarankan Lockdown Mulai dari Tingkat RT
Melalui Telepon, Putra Mahkota Arab Saudi Sampaikan Duka Cita Pada Jokowi
Satu Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia
Beredar Dokumen 'Data Lokasi Penyekatan' di Jaksel, Begini Penjelasan Polisi
Virus Corona di Balikpapan Menyebar Lewat Transmisi Lokal
Pesan Para Musisi untuk Hadapi Corona, Mulai Iwan Fals hingga Didi Kempot

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami