Arab Saudi Resmi Buka Umrah untuk Jemaah Indonesia

Arab Saudi Resmi Buka Umrah untuk Jemaah Indonesia
Jemaah umrah dari Indonesia berangkat ke Tanah Suci. ©Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 9 Oktober 2021 17:05 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menlu Retno Marsudi mengatakan Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah melakukan nota diplomatik di kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021 bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Agam Yaqut Cholil Qoumas. Dalam pertemuan tersebut membicarakan terkait dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah Indonesia.

"Pernyataan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah Indonesia," kata Retno saat konferensi pers dalam saluran youtube Kementerian Luar Negeri, Sabtu(9/10).

Dia menjelaskan saat ini komite khusus di kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja. Hal tersebut untuk meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah.

Kemudian dia juga menjelaskan dalam diplomatik tersebut juga dibahas terkait tahapan akhir pembahasan link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung. Hal tersebut berkaitan dengan vaksinasi dan memfasilitasi proses masuknya jemaah.

"Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," bebernya.

Dengan adanya nota diplomatik tersebut nantinya akan terus ditindak lanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaan. Dia menjelaskan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait kerajaan Saudi Arabia mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Saudi Arabia yang baru tersebut.

"Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan pak menteri agama," bebernya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Bacaan Talbiyah untuk Haji dan Umroh, Lengkap dengan Arti dan Hukumnya
4 Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh, Ketahui Hukum dan Rukunnya
Tiba di Indonesia, Puluhan Jamah Umroh Langsung di Karantina
Imbas Pandemi, Biaya Umrah Naik Hingga 40 Persen
Jusuf Kalla Umroh Bersama Mantan Wakapolri Syafruddin di Tengah Pandemi Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami