Saut Pastikan KPK Pantau Kasus Tewasnya Mahasiswa di Kendari

PERISTIWA | 12 Desember 2019 19:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memastikan lembaga antirasuah akan ikut mengawal kasus meninggalnya dua mahasiswa Universitas Halu Oleo, Randi dan Yusuf Kardawi dalam aksi demonstrasi penolakan revisi UU KPK.

"Kami dari pimpinan sudah menyimpulkan akan mengikuti kasus ini, perkembangan kasus ini agar segera seperti yang dituntut oleh bapak dan ibu dari almarhum Yusuf dan Randi," ujar Saut di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

Keluarga Randi dan Yusuf sendiri mendatangi gedung KPK hari ini. Mereka diterima langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Ayah Randi, La Sali mengaku dengan datangnya ke KPK dia berharap agar KPK bisa mendorong penegak hukum untuk mengungkap kasus kematian anaknya.

"Harapan saya, semoga pelaku penembak anak saya semoga dipecat dan dihukum seberat-beratnya. Itu juga belum sebanding dengan nyawa anak saya," kata La Sali.

1 dari 1 halaman

Kawal Kasus

Hal serupa diungkap Endang Yulidah, ibu dari almarhum Yusuf. Endang mengaku kedatangannya ke KPK untuk mencari dukungan agar kasus kematian anaknya terang. Sudah dua bulan lebih sejak 29 September 2019, pelaku pembunuhan anaknya belum terungkap.

"Selama dua bulan ini, kami belum dapat progres apapun dari kasus anak kami, Yusuf. Mungkin kedatangan kami di sini sebagai penyambung lidah kami agar suara hati kami bisa lebih didengar pada petinggi negara ini," kata Endang.

Mendengar permintaan kedua orangtua korban, Saut memastikan lembaga antirasuah akan mengawal kasus ini. Menurut Saut, hal ini dilakukan sebagai tanda terimakasih atas perjuangan korban yang membela keberadaan KPK.

"Bukan kompetensi kita, karena di luar isu tindak pidana korupsi. Tetapi ada beban moral yang besar yang harus dijaga oleh KPK untuk kemudian mengawal kasus ini untuk ditemukan siapa pelakunya," kata Saut.

Reporter: Fachrur Rozie
Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
KPK akan Abadikan 2 Mahasiswa Kendari yang Tewas Jadi Nama Gedung
Orang Tua Korban Meninggal Demo RUU di Kendari Curahkan Hati di KPK
Mencari Keadilan, Keluarga Mahasiswa Tewas Saat Demo di Kendari Ngadu ke DPR
Keluarga Mahasiswa Tewas di Kendari Minta Bantuan KPK Tuntut Keadilan
Jadi Tersangka Penembak Mahasiswa, Status Brigadir AM di Polri Tunggu Sidang Pidana
Saat Amankan Demo Mahasiswa di Kendari, Brigadir AM Tembakan Senjata ke Kiri-Kanan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.