SBY bicara kasih sayang kepada anggota TNI AD

SBY bicara kasih sayang kepada anggota TNI AD
sby jogging di nusa dua bali. ©rumgapres/abror rizki
PERISTIWA | 9 April 2013 11:39 Reporter : Yulistyo Pratomo

Merdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan petuah soal kepemimpinan kepada sejumlah personel TNI AD. Kepada pada tentara itu, SBY berbicara soal kasih sayang dan kepedulian pemimpin kepada bawahan.

"Para pimpinan Angkatan Darat, terkait kepemimpinan. Lebih khusus tentang kasih sayang dan kepedulian ke prajurit atau anak buah, tadi KSAD telah memberikan sambutan, sejumlah kejadian, kesatuan-kesatuan Angkatan Darat sedang jadi sorotan," kata SBY.

Hal itu disampaikan SBY usai olahraga pagi bersama sejumlah personel TNI AD di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (9/4). Hadir juga KSAD yang juga ipar SBY, Jenderal Pramono Edhie Wibowo.

SBY menjelaskan, dalam kepemimpinan militer, ada sisi perhatian komandan kepada prajurit. "Soal kepemimpinan itu leadership, ada yang bilang commandership. Tapi beda, komandan untuk capai tujuan tugas pokok to accomplish, tapi komandan juga untuk menyejahterakan prajurit," papar jenderal purnawirawan itu.

SBY melanjutkan, leadership maknanya lebih dalam, yani berkaitan dengan hati dan pikiran. "The heart and the mind. Sebagai pimpinan harus tahu dalam hati anak buah," ujarnya. "Seorang jenderal biasanya ada tiga-tiganya, commander, leadership, dan manager."

Kepada para komandan di AD, SBY meminta mereka untuk mengasah hati untuk memikirkan apa yang terbaik untuk prajurit.

"Untuk jaga citra baik. Saya mengerti berbagai kejadian, memang dari dulu dari pers cerita-cerita pelanggaran HAM, dari dulu memang ada," ujar mantan Menko Polhukam ini.

Dalam kesempatan itu, SBY mengaku senang dengan investigasi yang cepat dilakukan TNI AD terkait kasus penyerbuan di Lapas Cebongan, Sleman, DIY.

"Saya senang dengan gerakan cepat dan tanggung jawab penuh. Marilah kita petik pelajarannya, kita pahami dalam hubungan keprajuritan," ujar SBY dengan pakaian training. (mdk/ren)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami